TAX AMNESTY BERLAKU 1 JULI: BI Siap Jaga Stabilitas Kurs

Bank Indonesia siap menjaga stabilitas nilai tukar mata uang rupiah pada saat repatriasi dana dari pengampunan pajak masuk ke dalam negeri.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan kurs harus menggambarkan fundamental ekononomi, inflasi, dan neraca perdagangan. Namun, neraca perdagangan Indonesia masih mencatatkan defisit sehingga memerlukan kurs yang relatif kompetitif agar ekspor manufaktur dapat bersaing di tingkat global.

ilustrasipajak9

Dia meyakini masuknya dana repatriasi dari pengampunan pajak akan besar di pasar keuangan dalam bentuk valuta asing. Ketika dana itu menjadi rupiah secara otomatis akan ada penguatan rupiah. Cadangan devisa juga akan menanjak seiring mengalirnya dana repatriasi.

Pada kurs tengah BI, rupiah berada  di posisi Rp13.172 per dolar AS, Jumat (1/7/2016) siang atau terapresiasi 0,06% atau 8 poin dari posisi Rp13.180 per dolar hari sebelumnya.

“Kalau ada modal masuk saat ini dari luar negeri itu belum terkait realisasi tax amnesty, itu baru antisispasi. Pelaku pasar keuangan menyambut tax amnesty sehingga mereka masuk. Nanti, dari 1 Juli sampai ke depan Maret 2017, baru kita lihat realisasi dari tax amnesty,” katanya, di Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Sementara itu di faktor eksternal, dia menilai ekonomi global juga belum membaik, bahkan AS cenderung merevisi target pertumbuhannya ke bawah sedangkan China dan Eropa juga melemah. Rendahnya pertumbuhan kredit perbankan masih dipengaruhi oleh faktor global.

Dia berharap pada semester dua, anggaran pemerintah lebih cair dibandingkan semester pertama tahun. Di sisi lain, pelonggaran moneter yang dilakukan BI memerlukan waktu realisasi di sektor riil hingga enam bulan.

“Kita ketergantungan terhadap luar negeri besar sekali. Jadi kalau ada pelemahan dalam negeri itu, faktor dari eksternal memang besar,” ujarnya.

 sumber : bisnis.com
info@pengampunanpajak.com


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: