Ada Potensi Rp 2.000 T Dana Orang Kaya RI Masuk Lewat Tax Amnesty

Jakarta -Pemberlakuan UU Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty tinggal menghitung hari. Realisasinya saat ini tinggal menunggu keluarnya aturan turunan dari Menteri Keuangan.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, berujar setidaknya ada potensi Rp 2.000 triliun dana yang akan masuk ke Indonesia (repatriasi) dengan pemberlakuan tax amnesty.

“Menurut saya yang bisa masuk minimal bisa dipakai Rp 2.000 triliun, bisa digerakkan untuk apa saja. Semua uang itu bisa dipakai untuk gerakan ekonomi Indonesia,” katanya ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Apabila potensi dana tersebut tak tercapai, maka menurut Sofyan, paling tidak ada sekitar Rp 500 triliun-Rp 1.000 triliun yang akan masuk ke Indonesia

“Dari luar negeri menurut saya paling sedikit sebangsa Rp 500 triliun-Rp 1.000 triliun juga akan ada,” kata Sofjan.

Dia memperkirakan dana repatriasi itu akan masuk periode Agustus sampai September. Sedangkan untuk PMK (Peraturan Menteri Keuangan) akan keluar dalam waktu pekan ini.

Sofjan berujar, PMK yang akan dikeluarkan tersebut bisa membuat dana yang masuk nanti memiliki ruang yang fleksibel dalam pemanfaatannya.

“Ada prosedurnya bagaimana supaya juga UKM-UKM bisa dapat fasilitas dari tax amnesty itu, juga instrument yang lain yang bisa dimasukkan, bagaimana capital market pakai instrumen, perbankan juga pakai instrumen menggerakkan ekonomi itu karena dia kan menambah modal,” terang Sofjan.

Sementara itu, Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, mengatakan para pengusaha tentunya akan cenderung memanfaatkan periode 3 bulan pertama masa tax amnesty.

“Kami yakini kalau teman-teman pasti ambil yang pertama, periode 3 bulan pertama. Sebetulnya bukan 3 bulan, tapi 2,5 bulan kepotong Lebaran. Jadi kita akan manfaatkan secepatnya,” ucap Hariyadi.

Sumber: detik.com

Penulis: Muhammad Idris

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: