Daftar Fasilitas Khusus yang Diberikan Pemerintah dalam Tax Amnesty

Daftar Fasilitas Khusus yang Diberikan Pemerintah dalam Tax Amnesty

JAKARTA – Undang-Undang Pengampunan Pajak atau tax amnesty telah mulai dijalankan. Pemerintah pun saat ini telah menyiapkan fasilitas khusus kepada wajib pajak untuk dapat memanfaatkan tarif ini. Salah satunya adalah fasilitas tarif tembusan yang sangat rendah.

Mengutip informasi dari Kementerian Keuangan, tarif tebusan ini dibagi menjadi tiga sektor, yaitu tarif tebusan repatriasi atau deklarasi dalam negeri, tarif deklarasi luar negeri, dan tarif UMKM.

Untuk tarif tebusan repatriasi atau deklarasi dalam negeri, tarif tebusan dibagi menjadi tiga tahap. Periode pertama adalah pada tanggal 1 Juli hingga akhir September dengan tarif tebusan 2 persen. Kemudian dilanjutkan tarif tebusan pada tahap kedua pada tanggal 1 Oktober sampai 31 Desember 2016 sebesar 3 persen, lalu tahap ketiga sebesar 5 persen pada tanggal 1 Januari 2017 sampai 31 Maret 2017.

Sedangkan untuk deklarasi luar negeri, tarif tebusan dibagi menjadi tiga tahap dengan periode yang sama. Tahap pertama dikenai tarif tebusan 4 persen, tahap kedua 6 persen, dan pendaftaran tahap ketiga sebesar 10 persen.

Sementara itu, untuk UMKM dengan deklarasi nilai harta di bawah Rp10 miliar, tarif tebusan akan dikenai 0,5 persen hingga akhir penerapan program tax amnesty. Sedangkan UMKM deklarasi nilai harta di atas Rp10 miliar, tarif tebusan yang akan dikenai adalah sebesar 2 persen.

Persentase ini nantinya akan dikalikan dengan nilai harta bersih. Hanya saja tidak semua wajib pajak yang dapat memanfaatkan program ini. Mengutip keterangan dari Kementerian Keuangan, Senin (8/8/2016) berikut adalah tiga pengecualian wajib pajak dalam program tax amnesty:

  1. Wajib Pajak yang sedang dilakukan penyidikan dan berkas penyidikannya telah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan.
  2. Dalam proses peradilan
  3. Menjalani hukuman pidana atas tindak pidana di bidang perpajakan.

 

Penulis : Dedy A

Sumber: OKEZONE

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: