Dana deposito terbesar ikut tax amnesty

Jakarta. Hingga akhir pekan lalu, jumlah aset yang ikut dalam program pengampunan pajak atau tax amnesty sudah mencapai Rp 37,27 triliun.

Dari jumlah itu, paling besar dalam bentuk kas dan setara kas, yaitu sebesar Rp 20,32 triliun. Jumlah itu sekitar 54,52% dari total aset yang sudah tercatat. Aset kas ini umumnya berupa simpanan di bank, bisa berbentuk tabungan, giro, atau deposito.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, jumlah aset dalam bentuk kas dan setara kas yang dideklarasikan berjumlah Rp 19,094 triliun. “Sisanya, sebesar Rp 1,228 triliun telah direpatriasikan,” kata Sri Mulyani, Senin (22/8) di Jakarta.

Sementara itu, untuk jenis aset lainnya seperti tanah, bangunan dan harta tak bergerak lainnya sudah mencapai Rp 9,336 triliun, atau 25,05%. Sementara aset dalam bentuk investasi dan surat berharga mencapai Rp 7,614 triliun atau 20,43%.

Sementara jika dilihat dari sumber aset realisasi terbesar berasal dari negara Singapura, yang mencapai Rp 5,885 triliun. Jumlah itu sekitar 80% dari total nilai aset yang sudah tercatat dalam program tax amnesty.

Dari 25 negara yang tercatat sebaga asal harta, Singapura memang sangat domina. Bahkan, jika dibandingkan dengan asal aset terbesar kedua, yaitu Australia hanya berjumlah Rp 631 miliar saja, atau sekitar 8,6% saja.

Sumber : kontan.co.id

Penulis : Asep Munazat Zatnika

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: