Pengampunan pajak jilid 2 adalah kesempatan emas

JAKARTA. Pengusaha menyambut baik kebijakan pemerintah membuka kembali kesempatan pengampunan bagi Wajib Pajak yang belum sepenuhnya patuh. Langkah ini diharapkan menarik minat pengusaha untuk membawa pulang uangnya yang disimpan di luar negeri.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) memandang revisi Peraturan Menteri Keuangan yang mengatur kesempatan bagi Wajib Pajak untuk mengungkapkan sendiri hartanya sebagai kesempatan yang baik. Ini berlaku bagi WP yang sudah ikut amnesti pajak maupun yang belum.

“Ini adalah kesempatan emas bagi mereka yang kelupaan atau belum melaporkan harta kekayaannya,” jelas Suryadi Sasmita, Wakil Ketua Umum Apindo, Minggu (19/11).

Sekadar informasi, Kementerian Keuangan merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 118/2016. Revisi PMK tidak hanya mempermudah jalan bagi wajib pajak peserta amnesti untuk memperoleh surat keterangan bebas (SKB) pajak penghasilan (PPh) atas balik nama aset, melainkan juga membuka kesempatan mendapatkan pengampunan pajak, bak Tax Amnesty jilid 2.

Dengan begitu, kesempatan baik ini datang lantaran ada penghapusan penalti. Menurut Suryadi, ini hanya peraturan menteri berupa penghapusan penalti bagi yang sudah mengikuti amnesti pajak.

Suryadi menambahkan, banyak yang salah mempersepsikan hal ini dengan mempertanyakan tingginya kenaikan tarif. Padahal, pembayaran tetap sesuai dengan tarif normal. Begitu pula dengan anggapan dibukanya amnesti pajak jilid II.

“Demi fairness perpajakan kita, ini perlu diluruskan. Ini hanya penghapusan denda yang besar itu,” kata Suryadi.

Dia menjelaskan, dengan contoh penalti bagi orang pribadi yang sebesar 90%, Wajib Pajak bakal enggan membawa pulang uangnya.

Menurutnya, kesempatan emas ini merupakan kebaikan pemerintah. “Jadi, sebaiknya dimanfaatkan,” katanya.

Sumber: kontan.co.id

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: