Beleid tax amnesty kandas, investor portofolio dinilai bakal kecewa

Ekonom HSBC untuk Asean Su Sian Lim menilai investor portofolio bakal kecewa. Jika Indonesia gagal mengeluarkan undang-undang pengampunan pajak atau tax amnesty. “Mengingat penerimaan negara tahun ini tidak seperti yang diharapkan, imbas dari pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat dan masih relatif tertekannya pendapatan dari kegiatan yang berhubungan dengan minyak,” kata Su Sian Lim, Jakarta, Kamis (12/5.

Namun, Su Sian Lim meyakini ekonomi Indonesia bakal membaik pada kuartal mendatang. Ini menyusul berbagai paket stimulus ekonomi yang diluncurkan pemerintah dan Bank Indonesia sejak akhir tahun lalu.

“Dua belas paket stimulus telah dikeluarkan. Banyak kebijakan yang telah diambil guna membuat iklim usaha serta investasi menjadi lebih mudah dan lebih menarik melalui insentif pajak dan fiskal, serta pengurangan regulasi dan birokrasi.”

Lebih lanjut Lim memuji Bank Indonesia yang telah melengkapi berbagai langkah pemerintah melalui kebijakan tingkat suku bunga dan pemotongan Giro Wajib Minimum (GWM). BI telah memangkas suku bunga hingga 75 basis poin dan GWM sebesar 150 basis poin sejak November 2015.

Kontribusi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga tidak bisa dilupakan. Mengingat OJK juga meminta perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit hingga 400 basis poin tahun ini dari sekitar 13 persen menjadi 9 persen.

“Bahkan jika hanya seperempat dari target ini terealisasi, hal itu masih secara signifikan menurunkan biaya pinjaman yang pada gilirannya akan membantu menggairahkan perekonomian,” ucap Lim.

Biaya pinjaman yang lebih rendah dinilai penting untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur. Di sisi lain juga menguntungkan dunia bisnis. Namun, Lim mengingatkan bahwa pertumbuhan masih di bawah tren, oleh karena itu BI sebaiknya menunggu sampai kuartal kedua untuk memberikan kelonggaran.

“BI harus tetap waspada karena kebijakan yang berlebihan bisa memicu risiko kenaikan inflasi dalam jangka menengah,” ujar Lim.

Sumber: Merdeka.com 12 Mei 2016

Penulis : Sri Wiyanti

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: