Arah Pembahasan Pengampunan Pajak

20

Enam klaster yang menjadi hasil tunggal penitia kerja pembahasan RUU Pengampunan Pajak merangkum daftar inventarisasi masalah (DIM) yang disetor setiap Fraksi DPR. Bagi mereka yang tak akrab dengan proses legislasi di sini. DIM semacam pertanyaan, atau bisa juga usulan, yang dibuat berdasarkan draft undang-undang (UU).

RUU Pengampunan Pajak yang disiapkan pemerintah, dan disetor ke DPR sejak akhir tahun lalu, terdiri dari 14 bab dan 27 pasal. Menanggapi draf tersebut, lebih dari 300 DIM yang disetor seluruh fraksi di DPR.

Berpijak pada draf plus DIM berisi raturan poin itu, ada enam kelompok alias klaster isu. Klaster pertama, mencakup ruang lingkup, seperti pengertian pengampunan pajak, berikut subjek dan objeknya.

Klaster kedua mencakup tarif tebusan. Apa saja pembedanya, yaitu periode penyerahan permohonan serta opsi repatriasi atau sekedar deklarasi juga masuk di kelompok ini. Isu lain adalag dasar bagi pengenaan tarif tebusan.

Agenda ketiga seputar tata cara pengampunan pajak, yang membahas seperti syarat pengajuan dan penelitian administrasi, dan berbagai dokumen.

Kelompok keempat menyangkut fasilitas dan konsekuensi pengampunan pajak. Masalah yang dituntaskan seperti berbagai penghapusan yang bakal menyertai pengampunan pajak. Lalu, tata cara penghentian pemeriksaan, bukti perkara dan penyidikan. Dua topik lain adalah keamanan dan kerahasiaan data serta konsekuensi tax amnesty bagi wajib pajak (WP).

Dua klaster terakhir adalah perlakuan atas harta yang direpatriasi. Yang dibahas di sini seperti tata cara dan pengalihan harta; jenis dan tata cara investasi serta holding period.

Permasalahan yang tidak masuk dalam lima kelompok di atas, seperti aturan peralihan, masuk ke klaster lain-lain.

Sumber: Tabloid Kontan , 6  Juni 2016 – 12 Juni 2016

Penulis : Thomas H., Marshall S.

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: