3 Alasan UU Tax Amnesty Wajib Dilakukan

\3 Alasan UU Tax Amnesty Wajib Dilakukan\

JAKARTA – Kementerian Keuangan saat ini telah siap untuk menghadapi gugatan terhadap UU Pengampunan Pajak. Bahkan, setelah gugatan resmi dilayangkan pada Rabu, 13 Juni lalu ke Mahkamah Konstitusi, hari ini tim khusus untuk menghadapi gugatan tersebut resmi dibentuk.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto, terdapat tiga alasan utama mengapa Kementerian Keuangan akan berupaya keras untuk mempertahankan UU ini. Utamanya adalah karena alasan pertumbuhan ekonomi yang diyakini dapat meningkat akibat adanya dana repatriasi yang masuk ke Indonesia.

“Karena kita bisa peroleh tiga hal, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Diharapkan akan ada repatriasi dana besar bersama sehingga akan menambah likuiditas sehingga kesempatan untuk pinjam berinvestasi di sektor riil akan naik,” kata Hardiyanto saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

UU ini juga diyakini akan berdampak pada menguatnya nilai tukar Rupiah. Dengan begitu, maka pertumbuhan ekonomi diyakini dapat meningkat secara perlahan.

Alasan kedua adalah untuk meningkatkan data base perpajakan. Melalui UU ini, pemerintah menargetkan akan banyak data wajib pajak yang terdaftar sehingga dapat dimanfaatkan dalam data base perpajakan jangka panjang. Artinya, potensi penerimaan pajak dapat meningkat pada tahun-tahun yang akan datang dengan adanya data base terbaru ini.

“Ketiga, dengan masuknya repatriasi dan dikenakan uang tebusan diharapkan ada penerimaan jangka pendek untuk APBN 2016 Rp165 triliun,” tutupnya.

Saat ini pemerintah telah menyiapkan aturan turunan dari UU Pengampunan Pajak. Aturan turunan ini akan terbit dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan.

 

Sumber: Okezone.com

Penulis : Dedy Afrianto

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 

 

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: