Tax Amnesty Tak Pertahankan Kekuatan Rupiah

JAKARTA – Program pengampunan pajak alias tax amnesty sudah resmi bergulir sejak awal Juli 2016. Namun, nampaknya hingga saat ini program tax amnesty belum terlaksana secara maksimal.

Sebab menurut catatan Direktorat Jenderal Pajak dana tebusan amnesti pajak baru mencapai 0,01 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp165 triliun. Hal itu mendindikasikan bahwa calon peserta amnesti pajak masih ragu.

Pemerintah pun mengimbau para wajib pajak untuk ikut segera dalam program ini. Sebab pelaksanaan tax amnesty terbilang singkat yakni hanya sampai Maret 2017.

Selain itu ada ancaman tegas dari Kementerian Keuangan bagi wajib pajak tidak mengikuti program ini. Jika nanti Ditjen Pajak masih menemukan objek pajak yang sembunyikan oleh peserta, maka pemerintah akan mengenakan denda sebesar 200 persen.

Menurut Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak Kementerian Keuangan, Puspita Wulandari, tax amnesty adalah cara terakhir bagi wajib pajak untuk mengikuti program ‘tobat massal’. Bagi yang tidak mengikuti, maka tak lagi terdapat tempat bersembunyi bagi pengemplang pajak di negara manapun.

“Tidak ada lagi waktu untuk sembunyi. Kita akan join era keterbukaan informasi (Automatic Exchange of Information). Ibarat polisi, kita sudah beri tahu bahwa di depan ada lampu merah,” kata Puspita dalam acara diskusi tax amnesty di Kampus UI Salemba.

Capaian dana tembusan yang masih sangat rendah itu ternyata menjadi sentimen negatif bagi pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Usai berita masih rendahnya dana tebusan beredar, Rupiah langsung melemah. Tercatat pada pembukaan perdagangan Senin 8 Agustus 2016, Rupiah bergerak melemah 52 poin atau 0,4 persen ke level Rp13.169 per USD.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang memprediksi, pergerakan Rupiah kala itu dibebani sentimen negatif dari realisasi uang tebusan dalam kebijakan tax amnesty yang hingga Minggu, 7 Agustus 2016 baru mencapai 0,1 persen dari target Rp165 triliun

Penulis: Danang Sugianto

Sumber: okezone.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: