Repatriasi lebih mudah melibatkan bank asing

Repatriasi lebih mudah melibatkan bank asing

JAKARTA. Pemerintah menetapkan 19 bank telah memenuhi syarat untuk menjadi bank persepsi. Dari jumlah itu, 18 bank bersedia menjadi penampung dana repatriasi dalam program tax amnesty.

Sebagian di antara bank-bank yang memenuhi syarat itu merupakan bank yang dimiliki oleh investor asing. Menteri keuangan Bambang Brodjonegoro mengakui, keberadaan bank asing sebagai bank persepsi akan memudahkan proses repatriasi. Sebab, biasanya warga negara indonesia (WNI) yang memiliki aset di luar negeri menyimpan dananya di bank internasional.

Jadi, mereka akan lebih nyaman jika melakukan repatriasi dengan menaruhnya di bank yang terafiliasi dengan bank internasional. “Kita tidak bicara soal siap atau tidaknya perbankan lokal dalam menerima dana repatriasi,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (19/7).

Namun, Bambang tidak mau ada masalah dikemudian hari karena mengizinkan bank asing menampung dana hasil repatriasi. Oleh karena itu, ia memberikan syarat yang lebih ketat kepada bank asing agar bisa terlibat.

Pertama, bank asing diminta untuk membantu pemerintah mempromosikan kebijakan tax amnesty, khususnya repatriasi. Kedua, pemilik bank asing yang ada di luar negeri harus memberikan surat pernyataan bahwa ia mendukung program tax amnesty.

Mereka juga diminta untuk tidak melakukan tindakan yang menentang kebijakan tax amnesty dan repatriasi. “Jadi jika ada bank asing yang menjadi bank persepsi tetapi malah membujuk Warga Negara Indonesia (WNI) menyimpan dananya tetap di luar negeri, akan kita coret,” papar Bambang.

Misalnya dengan menawarkan fasilitas private banking. Bambang juga mengancam akan memberikan rekomendasi kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghukum bank tersebut.

Sumber : KONTAN

Penulis : Asep Munazat Zatnika

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: