Pelayanan Tax Amnesty, KPP Pratama Siapkan Tenaga Ahli Tambahan

SOLO – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta siap menambah tenaga ahli untuk pelayanan Wajib Pajak (WP) yang ingin mengurus program pengampunan (amnesty) pajak atau tax amnesty.

Dalam hal ini, KPP Pratama Surakarta memprediksi amnesti pajak akan mulai meningkat awal Agustus mendatang.

Kepala KPP Pratama Surakarta, Eko Budi Setyono mengungkapkan, saat ini delapan tenaga ahli peneliti dan delapan ahli penerima telah siap melaksanakan tugasnya melayani amnesti pajak.

Dari jumlah tersebut, Eko menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 16 tenaga ahli masing-masing untuk peneliti dan penerima jika pelayanan amnesti pajak membeludak.

“16 Tenaga ahli peneliti dan 16 tenaga ahli penerima lain sudah disiapkan jika pelayanan over loaded. Untuk itu kami juga akan menambah konter pelayanan jika dibutuhkan. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat karena saya yakin, peminat amnesti pajak di Kota Surakarta cukup tinggi,” urainya, Senin (25/7/2016).

Diakui Eko, mulai dari pemberlakuan pelayanan amnesti pajak 18 Juli lalu hingga saat ini belum ada satupun masyarakat WP yang mengurus amnesti pajak. Namun demikian, hampir setiap dibuka kantor untuk pelayanan, lanjutnya, ada WP yang menanyakan perihal data WP.

“Mereka sudah tidak lagi menanyakan apa itu amnesti pajak. Tapi sudah menanyakan tentang data-data tentang ada tidaknya tunggakan atau hal lainnya terkait SPT mereka. Karena prosedurnya memang begitu, mereka konsultasi terlebih dulu baru kemudian membuat surat pernyataan. Lalu dihitungkan selisih yang dihitung dari SPT tahun sebelumnya,” papar Eko.

Menurut Eko, KPP Pratama Surakarta menargetkan penerimaan pajak sekitar Rp 1,958 triliun tahun 2016 ini termasuk perolehan dari amnesti pajak. Jumlah tersebut meningkat 44 persen dibandingkan realisasi pajak tahun 2015 lalu.

“Sampai Juli ini baru tercapai 34 persen dari target. Namun, kami tetap optimis mampu mencapai target karena tipikal WP di KPP Pratama Surakarta memang naik tajam di akhir tahun karena terkait dengan anggaran belanja daerah. Dalam hal ini, amnesti pajak merupakan salah satu upaya merealisasikan target tersebut,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah (Jateng) II menyiapkan tim satuan khusus di masing-masing KPP Pratama untuk melaksanakan program amnesti pajak.

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani menambahkan, progam amnesti pajak yang hanya berlaku hingga 31 Maret 2017 mendatang dan tidak diperpanjang lagi tersebut merupakan program yang dinilai strategis untuk menambah penerimaan pajak.

Sumber : joglosemar.co

Penulis : Triawati Prihatsari Purwanto

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: