Tax Amnesty, Angin Segar Dunia Usaha

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai kebijakan pengampunan pajak atau Tax Amnesty menjadi angin segar bagi dunia usaha di Indonesia.

Kebijakan teranyar yang diluncurkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) itu dianggap bisa menopang perekonomian dan dunia usaha. Selain itu, juga menjadi pemulih kondisi ekonomi nasional di tengah pelemahan yang terjadi.

Ketua Apindo Sulawesi Selatan, Latunreng menilai, keberhasilan kebijakan pengampunan pajak itu akan memicu pertumbuhan ekonomi.

“Kedepan, bila target pemerintah Rp11 ribu triliun itu sangat luar biasa, APBN kita kan hanya Rp 2300 triliun. Nah, kalau nanti dana bisa mencapai sekira Rp5 ribu triliun saja, berarti dua kali anggaran setiap tahun sudah tercapai,” katanya saat ditelepon Rakyatku.com, Kamis (18/8/2016).

Menurutnya, kebijakan itu bisa memperbesar jumlah wajib pajak ke depannya. Dunia usaha, kata dia, mencermati bahwa keberhasilan kebijakan pengampunan pajak harus didukung beberapa prasyarat, seperti fairness of tax assessment bagi para wajib pajak, penegakan hukum bagi para penghindar pajak, kondisi lingkungan bisnis yang kondusif, dan dukungan politik yang kuat.

Selain itu, juga dukungan administrasi IT perpajakan modern, dukungan peraturan perundang-undangan, serta sosialisasi secara luas ke masyarakat.

Sejatinya organisasi para usahawan ini mengawal dan mendorong agar kebijakan pengampunan pajak diadakan sejak 12 tahun lalu. “Apindo secara konsisten, selama 12 tahun lalu, selalu mengawal serta mendorong agar pengampunan pajak diadakan. Adanya Tax Amnesty ini diharapkan agar negara kita memiliki dana segar yang bergerak di dalam negeri,” kata dia.

 

Penulis : Alifiah Ainul

Sumber : rakyatku.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: