Dana Repatriasi Potensial Dialihkan ke DIRE

JAKARTA, KOMPAS.com – Upaya pemerintah dalam memberi insentif pengampunan pajak atau tax amnesty dinilai bisa menggairahkan perekonomian di Indonesia.

Di sektor properti, investasi melalui Dana Investasi Real Estate (DIRE) sebagai salah satu instrumen pasar keuangan, juga bisa menjadi alternatif bagi pengusaha.

“Dalam aturan Menteri Keuangan, alat instrumen investasi untuk dimanfaatkan, ada saham obilgasi dana, sekuritisasi dan ada DIRE yang terkait dengan properti,” ujar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad saat seminar Tax Amnesty & Property Investment, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, (19/8/2016).

Menurut Muliaman, sektor properti sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Pemerintah bahkan sudah memberikan insentif pajak terkait Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk mendorong pertumbuhan DIRE.

Dalam konteks pajaknya, DIRE di Indonesia cukup bersaing dari Singapura, sehingga para pengusaha atau pengembang tidak lagi perlu ke negara tersebut.

Di Indonesia juga banyak gedung-gedung yang memiliki potensi untuk dijadikan pemasukan DIRE.

“DIRE belum terlalu berkembang di Indonesia. Namun aturan pendukungnya sudah banyak seiring dengan perkembangan perkotaan termasuk insentif pajak pemerintah,” jelas Muliaman.

Ia menambahkan, masuknya dana repatriasi ke Indonesia berada pada waktu yang tepat. Dari segi pengembalian keuntungan investasi, di dalam negeri masih lebih baik daripada di negara-negara lain.

Sejumlah negara bahkan tengah mengalami kesulitan ekonomi. Selain itu, pemerintah Indonesia juga memiliki daftar proyek yang ditawarkan di sektor riil.

Proyek-proyek ini bisa menjadi alternatif investasi, khususnya di sektor riil, antara lain infrastruktur.

“Ini juga patut dipelajari dan diteliti, karena banyak proyek-proyek yang sedang dibangun. Pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan 5,3 persen bisa direfleksi dari proyek riil yang ada pada waktunya nanti,” jelas Muliaman.

Penulis : Arimbi Ramadhiani

Sumber: KOMPAS

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: