Agar Sukses, Tax Amnesty Juga Perlu Keteladanan Para Pejabat

Image result for tax amnesty

Pemerintah diminta tak hanya rajin mengimbau warga negara mengikuti amnesti pajak (tax amnesty), tapi mereka juga menjadi orang yang berdiri di depan atau menjadi contoh dan teladan demi suksesnya program tax amnesty.

SOSIALISASI tax amnesty sepertinya sudah menjadi agenda wajib presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam setiap kunjungan kerjanya. Bahkan, berapa tempat sengaja didatangi hanya untuk sosialisasi amnesti.

Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar, Medan hingga Singapura sudah disinggahi Presiden Jokowi untuk program sosialisasi tax amnesty. Di kota-kota itu, Presiden mengajak masyara- kat untuk mengikuti tax amnesty.

Hanya hasilnya, jumlah uang tebusan yang berhasil dikumpulkan masih sangat sedikit. Per hari Selasa (23/8), baru mencapai Rp 1,06 triliun, atau sekitar 0,6% dari target Rp 165 triliun.

Analisa awal bisa disimpul- kan, sosialisasi dengan cara menghimbau saja tidak cukup. Menurut Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysist (CITA) Yustinus Prastowo, agar efektif, ajakan harus disertai keteladanan.

Yustinus menilai, para pejabat publik tidak cukup hanya rajin mengajak, tetapi juga berperan aktif dengan terang-terangan mengikuti tax amnesty. Apalagi, pemerintah mengklaim ikut tax amnesty tak berarti mereka bersalah.

Argumen itu harus dipertanggungjawabkan dengan langkah nyata. Mungkin tidak sampai mengungkapkan hartanya ke publik, tetapi para pejabat cukup menegaskan dia telah ikut tax amnesty.

Chairman Pusat Data Bisnis Indonesia Christianto Wibisono juga menilai rakyat membutuhkan keteladanan elit agar program tax amnesty sukses. Christianto menyarankan pejabat tinggi negara mulai dari presiden, menteri, yudikatif dan legislatif, menunjukkan keteladanannya. “Pimpinan Parpol dan Kadin, semua ikut. Nanti uang tebusannya lebih dari target,” kata Christianto.

Kepala Kantor Pajak Wilayah Jakarta Khusus M. Hanif mengatakan, tax amnesty berlaku bagi siapapun termasuk pejabat dan petugas pajak. Jadi, pesertanya bukan hanya masyarakat atau wajib pajak.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, menteri yang pernah diberitakan danamnya ada di Panama Papers ini menolak menjawab ikut tax amnesty atau tidak. “Masa aku mau beri tahu ke kau mau ikut tax amnesty atau enggak. Itu privacy saya,” kata dia, kemarin.

Penulis : Asep Munazat Zatnika K, Agus Triyono

Sumber: KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 

 

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: