Menanti Hasil Amnesti di September

Image result for pengampunanpajakHasil program tax amnesty sejauh ini masih minim, masih sangat jauh dari harapan. Wajib pajak golongan besar masih melakukan persiapan. Pemerintah dan pengusaha menunggu hasil tax amnesty sampai akhir September nanti.

PROGRAM pengampunan pajak atau tax amnesty telah berjalan kurang lebih sebulan. Semenjak resmi berjalan 18 Juli, sampai Rabu (24/8), realisasi perolehan uang tembusan maupun dana repatriasi dari program pengampunan pajak atau tax amnesty masih jauh dari harapan.

Data Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak sampai Rabu (24/8) malam menunjukkan, realisasi penerimaan negara dari uang tebusan Rp 1,18 triliun atau 0,7% dari target Rp 165 triliun. Sedang dana milik WNI yang direpatriasi atau dibawa masuk ke dalam negeri baru Rp 1,94 triliun dan total harta dilaporkan Rp 59,5 triliun.

Ada yang pesimis target-target itu bakal tercapai, namun banyak juga yang optimis. Akhir September 2016 nanti diperkirakan menjadi penentuan keberhasilan program ini, karena menjadi batas akhir periode pertama yang menawarkan tarif tebusan paling murah, yakni 2%. “Tunggu progresnya sampai akhir September,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Indutri (Kadin) Rosan Roeslani juga mengatakan, dengan terbitnya aturan yang lebih jelas tentang Special Purpose Vehicle (SPV), akan mendorong deklarasi maupun repatriasi pajak. “September ini jadi puncak karena dalam batasan 2%,” katanya, Rabu (24/8). Namun kata dia target dana hasil pengampunan pajak terlalu besar sehingga sulit diperoleh dan perlu lebih agresif.

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Eddy Hussy juga percaya, pengusaha dalam negeri akan menggunakan momentum pengampunan pajak untuk mendeklarasikan hartanya. “Kami yakin banyak pengusaha akan ikut,” katanya.

Dia menilai, program pengamounan pajak sudah cukup jelas. Sosialisasi yang dilakukan juga cukup insentif, di Jakarta dan daerah lain. “Kita paham tax amnesty baru diadakan sekarang, setelah sekian puluh tahun, tentu banyak pertanyaan dari calon peserta,” katanya.

Yang bisa di deklarasi, kami deklarasi. Yang bisa direpatriasi, kami repatriasi.

Masih sedikitnya wajib pajak yang memanfaatkan kebijakan ini, kata Eddy, disebabkan karena pengusaha masih melakukan persiapan. Apalagi pengampunan pajak baru berjalan efektif 18 Juli 2016, atau baru sebulan lebih. Dia yakin banyak warga negara yang akan memanfaatkan kebijakan ini di akhir September. Sedangkan yang tidak sempat di periode pertama, akan memanfaatkannya di periode kedua atau ketiga.

Seperti diketahui, untuk periode pertama pengampunan pajak ( 1 Juli 2016-30 September 2016 ) tarif tebusan yang berlaku untuk repatriasi harta ke dalam negeri adalah 2%, 3% pada periode kedua, dan 5% pada periode ketiga. Sementara untuk deklarasi harta di luar negeri adalah 4% diperiode I, lalu 4% dan terakhir 10%.

Sukseskan tax amnesty

Perusahaan yang saat ini sedang berproses untuk ikut pengampunan pajak adalah Sinarmas Group. Managing Director Sinarmas Group Gandhi Sulistyo mengatakan, proses yang sedang dilakukan belum selesai karena group Sinarmas memiliki banyak perusahaan. “Kami dalam proses dan dalam waktu dekat ini ikut,” katanya, di sela Dialog Ekonomi Indonesia terkait Pengampunan Pajak, Jumat (19/8).

Dia memastikan Sinarmas akan menyukseskan tax amnesty. “Semua akan kami lakukan, yang bisa di deklarasikan, kami deklarasikan. Yang bisa direpatriasi, kami repatriasi. Ada kombinasi antara deklarasi dan repatriasi,” katanya salah satu yang akan di deklarasikan adalah aset properti, yang nilainya, kata Gandhi, cukup signifikan.

Di berharap, pelaporan bisa dilakukan secepatnya sebelum akhir September 2016 untuk mengejar periode pertama. Sinarmas juga sedang menyiapkan proyek-proyek untuk ditawarkan untuk menampung dana hasil repatriasi dari para peserta tax amnesty. Salah satunya, instrumen Dana Investasi Real Estat (DIRE).

Penulis : Handoyo, Agus Triono, Asep Munazat, Anatasia Lilin

Sumber : Kontan Harian

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: