Mukidi & Amnesti Pajak

Image result for repatriasi dana

Ini bukan lelucon konyol Mukidi, melainkan nasib program amnesti pajak yang tengah di ujung tanduk. Alih-alih uang tebusan dan repatriasi membanjir, gugatan atas beleid amnesti pajak lebih kencang.

Muhamadiyah, misalnya, menyiapkan gugatan uji materi (judical review) UU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) ke Mahkamah Konstitusi. Beberapa bulan sebelumnya Yayasan Satu Keadilan dan Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia, lebih dulu menggugat beleid ini.

Pertimbangan dan dasar dua gugatan tersebut kurang lebih sama. Mereka menilai bahwa pemerintah blunder. Tax amnesty dinilai melenceng dari sasaran awalnya, yakni mengejar pajak dan repatriasi aset milik warga Indonesia di luar negeri.

Namun kini program itu menyasar wajib pajak secara keseluruhan. Perluasan itu bak memberi sinyal bahwa semua wajib pajak di Tanah Air harus mengikuti tax amnesty karena masih menyembunyikan harta dan belum jujur melaporkan pajaknya.

Stempel itulah yang membuat orang kaget, takut, bingung dan panik. Situasi kian runyam karena aparat pelaksanaannya belum siap menjawab problem ketidaktahuan masyarakat, alih-alih memberi solusi.

Tak heran, kendati banyak peminat pertobatan pajak, hasil tax amnesty jauh dari kata memuaskan. Sebulan lebih perjalanan, setoran dana tebusan dan repatriasi belum beranjak dari angla 2% target total.

Oleh karena itu, pemerintah harus berani mengoreksi program tax amnesty, sekaligus membenahi tetek-bengek aturan dan kesiapan teknis pelaksanaannya. Maklum, pencapaian target amnesti pajak berhubungan erat dengan kredibilitas pemerintah.

Tahap awal, sebagai contoh, tak ada salahnya program ini dikembalikan lagi pada khitah. Yakni menarik pulang aset WNI di luar negeri, bukan dipukul rata ke semua.

Program tax amnesty ini bisa bagus bagi ekonomi Indonesia jika dilaksanakan baik dan benar. Selain menambah basis pajak, rasio utang luar negeri, misalnya, turun karena konversi utang offshore kreditur lokal menjadi sepenuhnya utang lokal. Saat bersamaan repatriasi aset potensial memperbesar nilai harta Indonesia secara keseluruhan.

Pendek kata, utang turun bersama ddengan kenaikan nilai aset. Bukan mustahil, poin plus ini adalah rayuan maut untuk menaklukkan Standard and Poor’s agar memberi rating investment grade bagi Indonesia.

Moral ceritanya, rumit urusan amnesti pajak jelas bukan lelucon kisah konyol Mukidi. Berbagai ganjalan amnesti pajak harus diurai agar peminat dan pesertanya rileks, bukan malah takut dibuatnya.

Penulis :  Barly Haliem Noe

Sumber : KONTAN 30 Agustus 2016

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: