Pemerintah Siap Hadapi Gugatan UU Tentang Pengampunan Pajak

Jakarta — Pemerintah siap menghadapi judicial review Undang-Undang No 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). UU tersebut dituding tidak tepat sasaran dan hanya menguntungkan segelintir orang.

“Ya siapapun yang melakukan (mengajukan judicial review) itu tentunya pemerintah siap menghadapi,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Promono menuturkan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan menteri bidang perekonomian untuk hadir dalam sidang gugatan tersebut. Kehadiran para menteri untuk memberi penjelasan dan pemahaman penerapan UU Tax Mmnesty.

“Bukan hanya tingkat eselon I, tapi juga tingkat menteri akan hadir pada sidang judicial review di MK,” ungkap Pramono.

Mantan Wakil Ketua DPR periode 2009-2014 ini menegaskan, penerapan tax amnesty sejatinya untuk mengembalikan dana besar yang ada di luar negeri melalui repatriasi maupun deklarasi. Kebijakan tersebut tidak berlaku bagi masyarakat yang sudah melakukan kewajibannya.

“UU-nya tidak boleh ada diskriminasi ya, tetapi penjelasan awalnya, naskah akademiknya itu dengan jelas menjelaskan bahwa ini untuk wajib pajak yang belum melaporkan terutama yang besar-besar,” ucap dia.

PP Muhammadiyah berencana mengajukan judicial review terhadap UU Pengampunan Pajak. Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dam HAM, Busyro Muqoddas, mengaku mendengar keresahan sejumlah kalangan masyarakat. Jika tidak diantisipasi, kata dia, isu ini akan membuat keresahan publik.

Dia mengatakan, UU Tax Amnesty telah melanggar sejumlah pasal di UUD 1945. Di antaranya Pasal 1 ayat 2 tentang kedaulatan di tangan rakyat, Pasal 1 ayat 3 tentang prinsip negara hukum, Pasal 33, dan Pasal 28 tentang HAM.

“Pasal-pasal itu erat istilahnya dengan demokrasi dan HAM. Semestinya UU Tax Amnesty harus memenuhi prosedur demokrasi,” kata Busyro.

Penulis : MTVN

Sumber : Lampost.co

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: