Jubir DJP: Tax Amnesti Tak Menyasar Wong Cilik

Image result for tax amnesty tanah abang

Jakarta – Pemerintah menjamin program pengampunan pajak atau amnesti pajak sebagai implementasi UU No 11/2016 tentang Tax Amnesty bisa tepat sasaran. Yang disasar adalah wajib pajak (WP) besar.

“Saya tidak setuju kalau ada anggapan bahwa program ini tidak tepat sasaran. Kami tidak pernah sosialisasi (tax amnesty) di pasar tradisional yang isinya pedagang kecil, ke petani, ke nelayan kecil. Jadi tidak salah sasaran,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Hestu Yoga Saksama di Kantornya, Jakarta, Selasa (30/08/2016).

Kata Hestu, pemerintah konsisten dengan semangat di awal bahwa tax amnesty untuk mengejar para pemilik harta yang selama ini tidak melaporkan hartanya dalam Surat Pemberitahuan (SPT) secara benar. Baik mereka yang berada di dalam negeri, maupun di luar negeri.

Hestu mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang menyebut bahwa tax amnesty untuk menekan masyarakat kelas menengah ke bawah. “Jangan ada pemahaman yang (wajib pajak) besar tidak dapat (dana tax amnesty), maka jadi menyasar ke yang kelas menengah. Ini tidak benar sama sekali,” kata Hestu.

“Yang besar tetap dapat perlakuan khusus. Tapi kita memberikan hak ke seluruh wajib pajak. Kalau kita menyasar ke yang besar saja, tapi wajib pajak lain bisa mendapat kesempatan yang sama untuk program ini, maka kasihan,” tandas Hestu.

Sebelumnya, banyak keluhan dari masyarakat yang disampaikan melalui twitter terkait pelaksanaan program pengampunan pajak atau tax amnesty. Di mana, keluhan tersebut terkumpul dalam tagar #StopBayarPajak yang selanjutnya menjadi viral yang paling banyak diperbincangkan di ranah maya.

Di dalam hastag #StopBayarPajak itu, mempernyakan implementasi UU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) yang justru mengincar rakyat kelas menengah ke bawah. Dan, pemerintah lebih fokus menggarap WP di dalam negeri.

Hal ini dinilai melenceng dari semangat di awal bahwa program amnesti pajak fokus terhadap wajib pajak besar yang banyak ngumpet di luar negeri.

Dalam sekejab, hastag #StopBayarPajak ini pun ramai dan menyebar luas. Ada yang menuliskan, bila pajak digenjot kepada rakyat kecil yang minim pendapatan, jadi apa kerja pemerintah untuk memakmurkan rakyat?

Buat apa bayar pajak. Jika taipan-taipan curangi pajak cuma kena sanksi 3%, sementara patuh pajak rutin bayar pajak 10-20%. Dan masih banyak kalimat berisi serapah dan curhatan.

Sumber : inilah.com

Penulis : M fadil djailani

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: