Ada Amnesti, Proses Restitusi Diperketat

Image result for PENgAMPUNAN PAJAK

OTORITAS pajak telah memerintahkan seluruh aparat pajaknya untuk segera menindaklanjuti instruksi Direktur Jenderal Pajak (Dirjen) tentang Kebijakan pemeriksaan pajak guna mendukung pelaksaan tax amnesty. Instruksi ini tertuang dalam surat edaran nomor S-1403/PJ.04/2016.

Surat yang ditandatangani oleh Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak Angin Prayitno Aji itu mengatur tentang tata cara penyelesaian pemeriksaan yang sedang berjalan, dan penanganan atas pemeriksaan Surat Pemberitahuan (SPT) yang lebih bayar baik restitusi atau kompensasi.

Dalam surat tersebut, otoritas pajak akan memperketat pemeriksaan rutin terhadap permohonan restitusi, dengan melakukan pengujian eksistensi. Tujuannya, agar jumlah permohonan restitusi yang ditolak atas lebih bayar (refund discrepancy) meningkat. Bahkan, jika perlu, menghasilkan surat ketetapan pajak kurang bayar.

Salah satu caranya adalah dengan menggabungkan pemeriksaan permohonan restitusi yang berasal dari kompensasi masa pajak sebelumnya. Direktur P2 Humas DJP Hestu Yoga Saksama tidak membantah atau membenarkan keberadaan surat ini.”Jika saja ada, ini ditujukan untuk internal DJP, “kata Hestu di Jakarta, Minggu (4/9).

Kepala Kantor Wilayah Wajib Pajak Besar Mekar Satria Utama menyatakan belum menerima surat tersebut. Ia mengatakan, yang diterimanya hanya terkait penghentian pemeriksaan rutin jika wajib pajak menyatakan ikut tax amnesty.

 

Penulis : Asep Munazat Zatnika

Sumber: kontan

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: