Sri Mulyani Tegaskan WP Ikut Tax Amnesty tak Bisa Diancam Polisi Singapura

amnestytax

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan keikutsertaan warga negara Indonesia (WNI) dalam program pengampunan pajak atau tax amnesty tak akan bisa dianggap sebagai suatu tindakan kriminal yang bisa memicu upaya investigasi.

Penegasan tersebut sekaligus menjawab kekhawatiran WNI yang memiliki dana di Singapura akan mendapat ancaman diperiksa secara hukum oleh  Financial Action Task Force (FATF) di Negeri Singa jika mereka ikut tax amnesty.

“Saya hari ini (kemarin) mendapat berita dari berbagai sumber yang mem-forward ke saya bahwa pembayar pajak Indonesia yang ingin melakukan tax amnesty merasa khawatir karena akan dilaporkan dalam financial action task force-nya, dan kemudian bisa dijadikan alasan untuk polisi Singapura melakukan investigasi. Bahwa para wajib pajak tersebut terlibat di dalam kegiatan kegiatan kriminal penghindaran pajak,” ungkap Ani dalam konferensi pers di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2016) malam.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini langsung mengecek ke otoritas Singapura yakni Deputi Perdana Menteri Singapura, Tarman. Pemerintah Singapura dalam hal ini Monetary Authority of Singapore (MAS) menjelaskan mereka malah mengimbau dan menyarankan seluruh perbankan di Singapura untuk mendukung para nasabahnya menggunakan kesempatan yang ada dalam tax amnesty yang diberlakukan Pemerintah Indonesia.

Perbankan di sana juga diharuskan mematuhi aturan yang tertuang dalam Financial Action Task Force untuk menyampaikan laporan apabila ada kegiatan yang dianggap mencurigakan dalam rangka mendeteksi aktivitas ilegal maupun kegiatan pencucian uang.

“Dalam hal ini maka program tax amnesty di Indonesia tidak bisa dijadikan alasan bagi para wajib pajak Indonesia untuk tidak ikut dalam program amnesty ini karena khawatir akan dilakukan pelaporan tersebut,” tutur dia.

Lebih jauh, dirinya menambahkan Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Singapura untuk menutup kemungkinan adanya oknum-oknum yang menggunakan berbagai alasan tak ikut tax amnesty. Tax amnesty dibuat sebagai suatu kesempatan bagi seluruh wajib pajak terutama wajib pajak besar untuk mengikuti dan menggunakan haknya dalam rangka memperbaiki kepatuhan pajak yang selama ini masih minim dengan fasilitas diskon tarif yang dianggap rendah.

“Tentu saya tetap mengharapkan para pembayar pajak Indonesia untuk tetap menggunakan UU ini dan kesepakatan ini untuk memperbaiki pelaporannya dan menyukseskan program amnesti ini dalam rangka untuk membangun Indonesia,” jelas dia.

Sumber: METROTVNEWS

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: