Usai Tax Amnesty, Menkeu Siapkan Kawasan Surga Pajak di RI

1

Kementerian Keuangan akan mengembangkan Pusat Keuangan Offshore atau Offshore Financial Center (OFC) sebagai kawasan surga pajak guna menarik pulang aset-aset warga negara Indonesia  yang banyak disimpan di luar negeri.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berharap, OFC nantinya bisa menjadi wadah untuk menampung dana-dana milik individu maupun perusahaan asal Indonesia, yang selama ini dikelola oleh perusahaan-perusahaan cangkang (shell company) atau perusahaan yang diben tuk untuk tujuan tertentu (special purpose vehicle/SPV).

“Kekhususannya (OFC) itu untuk menampung (dana milik) perusahaan di Indonesia yang mempunyai bisnis di luar negeri. Jadi dia (pengusaha) boleh memiliki perusahaan di luar negeri tetapi base-nya di kita (Indonesia) saja,” ujar Bambang saat ditemui di Gedung DPR, Senin (20/6) malam.

Bambang menjelaskan, OFC akan menjadi area surga pajak (tax haven) yang memberikan fasilitas serupa dengan yang ditawarkan Pulau Labuan, Malaysia. Salah satu insentif yang diberikan adalah keringanan pajak bagi investor yang besarannya masih akan diatur kemudian.

Sayangnya, Menkeu belum bersedia untuk membocorkan daerah yang ditargetkan menjadi surga pajak di Indonesia itu. Intinya, ia menginginkan rencana ini terwujud secepatnya setelah kebijakan pengampunan pajak berlaku.

“Jadi ketika tax amnesty selesai, undang-undangnya selesai berlaku, pengusaha itu sudah tahu bahwa kalau dia (pengusaha) ingin punya bisnis di luar negeri, dia bisa bikin SPV di Indonesia sendiri, tidak usah keluar (negeri),” ujarnya.

Sumber: CNN Indonesia

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: