Jokowi Kantongi Daftar Orang Kaya yang Simpan Uang di Luar Negeri

32032-pengertian2btax2bamnestyMedan. Presiden Joko Widodo mengajak pengusaha di Sumatera memanfaatkan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. Jokowi mengaku memiliki semua daftar orang kaya Indonesia yang selama ini mengendapkan uangnya di luar negeri.

“Semua negara terkena dampak penurunan ekonomi dunia. Semua bersaing untuk mendatangkan investasi bagi negaranya. Padahal, orang Indonesia yang memiliki uang itu. Uang bapak ibu semuanya, ada yang ditaruh di bawah bantal, saya tahu. Ada yang taruh di Hongkong, Singapura, semua saya tahu. Daftarnya ada di kantong saya,” kata Jokowi dalam sosialisasi yang dihadiri 3.500 pengusaha se-Sumatera yang berlangsung di Hotel Santika Medan, Sumatera Utara, Kamis (21/07/2016).

Menurut Jokowi, kompetisi antarnegara terus terjadi, termasuk dalam hal memperebutkan dana triliunan rupiah milik pengusaha dan orang Indonesia. Jika dana itu masuk ke Indonesia, Jokowi yakin akan sangat membantu menunjang program pembangunan dan prasarana yang tengah berjalan.

“Kita ingin agar uang ini masuk. Dipakai untuk pembangunan negara. Bapak dan ibu semua adalah pengusaha. Saya juga mantan pengusaha. Kita hidup dan makan di Indonesia, bertempat tinggal di Indonesia. Kita mencari rezeki di Indonesia. Kok ada uang yang ditempatkan di luar negeri? Sebenarnya tidak apa-apa. Tapi saat ini negara membutuhkan partisipasi dari Bapak-Ibu semua,” ucap Jokowi.

Jokowi menjamin kerahasiaan para wajib pajak yang mengikuti tax amnesty. Data tax amnesty ini, lanjut Presiden, tidak bisa menjadikan dasar penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan pidana karena payung hukum jelas dan UU-nya pun ada.

“Data tersebut tidak bisa diminta atau diserahkan kepada siapa pun. Karena ada sanksi pidana bagi petugas pajak yang membocorkan kerahasiaan para wajib pajak dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” urainya.

Jokowi mengingatkan, dalam situasi perekonomian global seperti saat ini, negara membutuhkan partisipasi dari rakyatnya. Melalui pengampunan pajak itu pula diharapkan Indonesia mampu memenangi persaingan internasional.

“Selain itu, apabila program amnesti berjalan, sangat berpengaruh kepada penguatan nilai tukar rupiah dan memperkuat cadangan devisa negara. Setelah program ini berjalan sebulan, nilai cadangan devisa kita mencapai USD6 miliar.

Dalam acara sosialisasi, Presiden Jokowi didampingi Menteri Keuangan Bambang Soemantri Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, dan Gubernur Sumut, T. Erry Nuradi.

Sumber : metrotvnews.com

Penulis : Farida Noris

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: