‘Penerimaan Tax Amnesty tak Penuhi Target, APBN Bisa Dipangkas Lagi’

Ketua DPR RI Ade Komarudin memberikan keterangan pers seusai melakukan pertemuan tertutup di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (31/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPR RI Ade Komurudin (Akom) menilai pemangkasan anggaran sebesar Rp 133 triliun merupakan langkah yang wajar dilakukan pemerintah. Bahkan, ia menyebutkan, jika target penerimaan pajak dari tax amnesty tidak terpenuhi, maka bukan tidak mungkin pemerintah kembali memangkas anggaranya.

”Kita dorong pemerintah agar tax amnesty sesuai dengan target Rp 165 triliun. Sebab kalau tidak tercapai, bisa dipotong lagi,” katanya saat berbincang dengan wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (5/8).

Menurutnya kondisi keuangan negara memang mengkhawatirkan akibat dari gejolak ekonomi global. Ekonomi Eropa dan Amerika mengalami stagnasi, sehingga sulit berharap keadaan ekonomi global ramah untuk Indonesia.

Ia juga meminta anggota dewan untuk memahami dengan keadaan tersebut. DPR diimbau untuk jangan membuat gaduh. Dengan begitu, ia yakin Indonesia akan bertahan dan tidak akan mengalami krisis, asal stabilitas politik dijaga, sebagai penopang stabilitas ekonomi.

”Kita harus mengencangkan ikat pinggang. Anggaran kita tidak sehat, komoditas kita kan harganya turun. Berarti pajak juga mengalami penurunan, dan berdampak pada penurunan pendapatan,” jelasnya.

Akom menyatakan, satu-satunya jalan agar kondisi keuangan bisa sehar adalan dengan mengembangkan BUMN yang ada, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Paling tidak, kata dia, minimal pertumbuhan ekonomi mencapai 5 persen, tidak harus 6 persen seperti yang ditargetkan pemerintah.

”5 persen sudah bagus, jika melihat keadaan,” ujarnya.

   

 

Penulis : Eko S

Sumber: REPUBLIKA

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

 

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: