Kantor BEI Ditetapkan sebagai Tempat Pendaftaran Tax Amnesty

Ilustrasi Opini - Menyoal Rencana Penerapan Tax Amnesty

Jakarta – Pemerintah telah menetapkan empat tempat tertentu yang dapat digunakan oleh para wajib pajak sebagai Tempat Penyampaian Surat Pernyataan Harta Dalam Rangka Pengampunan Pajak (Amnesti Pajak).

Salah satu dari keempat tempat tersebut adalah Kantor Pusat Bursa Efek Indonesia (BEI) di Gedung BEI, Jalan Jenderal Sudirman Kavling 52-53 Jakarta.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah mempercayakan Kantor Pusat BEI sebagai Tempat Penerimaan Amnesti Pajak.

“Dengan ditetapkannya Kantor BEI maka akan memudahkan para Wajib Pajak untuk menyelesaikan kewajiban perpajakannya pada satu tempat: di Gedung BEI,” ujar Tito di Kantor BEI, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016).

Penetapan pemerintah tersebut berdasarkan kepada Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 689/KMK.03/2016 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 656/KMK.03/2016 tentang Penetapan Tempat Tertentu sebagai tempat penyampaian Surat Pemyataan Hana dalam rangka Pengampunan Pajak.

Penetapan Tempat Tertentu sebagai Tempat Penyampaian Surat Pernyataan Harta Dalam Rangka Pengampunan Pajak ini dilakukan untuk memberi lebih kemudahan kepada wajib pajak untuk mengikuti program pengampunan pajak.

Untuk semakin menyukseskan program Amnesti Pajak, Pemerintah juga membentuk Tim Penerimaan dan Tindak Lanjut Surat Peryataan Harta pada tempat tertentu sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan Menteri ini ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

Selain Kantor BEI, ketiga Tempat Penyampaian Amnesti Pajak lainnya adalah Kantor Pusat Bank Mandiri. Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Kantor Pusat Bank Negara Indonesia (BNI) yang seluruhnya berada di Jakarta.

Tentunya keputusan Pemerintah ini sejalan dengan komitmen BEI dalam mendukung program Amnesti Pajak. Sebelumnya, BEI juga lelah menyiapkan seluruh Kantor Perwakilan yang ada di 20 kota di Indonesia untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh investor terkait penempatan dana repatriasi Amnesti Pajak di pasar modal.

BEI juga siap menjawab setiap pertanyaan mengenai mekanisme penanganan dana repatriasi Amnesti Pajak.

“Dengan dukungan dari seluruh pihak, kami optimistis program Amnesti Pajak ini akan berjalan dengan sukses. Sehingga dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perekonomian Indonesia, khususnya di pasar modal.” tambah Tito.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI berinisiasi untuk memberikan beberapa stimulus menarik yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Pemberian beberapa stimulus ini dilakukan untuk menyukseskan penerbitan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).

Beberapa stimulus yang diberikan oleh OJK antara lain adalah tidak terdapat kewajiban penawaran tender (tender offer) untuk pengambilalihan perusahaan terbuka (Surat Edaran OJK Nomor 35/SEOJK.04 2016) dan relaksasi produk investasi di pasar modal (Peraturan OJK Nomor 26/POJK.04 2016).

Sementara itu stimulus yang diberikan oleh BEI antara lain adalah pemberian diskon biaya transaksi perdagangan efek dengan skema tutup sendiri (crossing) di Pasar Negoisasi dan relaksasi persyaratan pencatatan efek di papan Pengembangan untuk Aktiva Bersih Berwujud (Net Tangible Asset) dan batasan proporsi saham yang beredar di publik (Free Float), serta diskon Biaya Pencatat’an Saham (Initial Listing Fee) sebesar 50%. (ang/ang)

Sumber: http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: