Darmin Yakin Tax Amnesty Masih Sesuai Target

Hasil gambar untuk darmin nasutionINILAHCOM, Jakarta – Menko Perekonomian, Darmin Nasution masih optimistis capaian target pemerintah terkait program amnesti pajak atau tax amnesty bisa dicapai baik dari uang tebusan maupun repatriasi.

Hal tersebut dikatakan Menko Darmin usai rapat rutin yang dilakukan Menko Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo di Gedung BI Jakarta, Senin (26/09/2016).

“Sekarang ini realisasi dari uang tebusan saja Rp53 triliun, repatriasi Rp92 triliun, Itu belum dihitung persis dampaknya,” kata Darmin usai pertemuan.

Mantan Gubernur BI era SBY ini pun melihat capaian tersebut membuat pemerintah agak lebih tenang terhadap kondisi APBN, menurutnya pemerintah tidak perlu lagi untuk melakukan pemangkasan anggaran.

“Tapi perkiraan dampaknya penerimaan APBN tidak perlu lagi ada pengurangan lebih lanjut tapi belum dibuat simulasi lebih lanjut,” ujarnya.

Dari sisi repatriasi lanjut Darmin, sudah menunjukan tren peningkatan yang cukup signifikan akhir-akhir ini, untuk itu dirinya meminta instrument-instrument penampung dana reptriasi segera memanfaatkan hal ini, terutama untuk badan usaha milik pemerintah.

“Kementerian BUMN sudah siapkan langkah-langkah untuk penempatan dan menampung dana repatriasi dan seterusnya Kami bicarakannya tapi bukan sama sekali baru, sudah dibicarakan sejak 3 bulan lalu sejak Juli,” ujarnya.

Mengutip laman pajak.go.id Senin (26/09/2016) pukul 16.00 wib, Direktorat Jenderal Pajak mencatat deklarasi harta program tax amnesty terus meningkat dan mencapai Rp1.869 triliun. Capaian ini meliputi Rp1.275 triliun dari deklarasi dalam negeri, Rp498 triliun dari deklarasi luar negeri dan Rp96,3 triliun dari repatriasi.

Sedangkan jumlah uang tebusan berdasarkan SPH sudah masuk mencapai Rp44,4 triliun yang terdiri dari badan UMKM Rp55,2 miliar, badan non UMKM Rp4,10 triliun, Orang Pribadi Non UMKM Rp38,7 triliun dan Orang Pribadi UMKM Rp1,55 triliun.

Sedangkan realisasi uang tebusan yang sudah dibayar ke bank berdasarkan Surat Setoran Pajak (SSP) mencapai Rp56,1 triliun, terdiri dari pembayaran tebusan yang mencapai Rp52,8 triliun, pembayaran bukper Rp292 miliar dan pembayaran tunggakkan sebesar Rp3,06 triliun.

Sementara untuk jumlah peserta yang mengikuti program ini sudah mencapai 170.082 ribu surat.

Penulis: M Fadil Djailani

Sumber: Inilah.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: