Sifat Pajak Tak Lagi Memaksa, tapi Kompromi

864f3-takut2bbrangkrut2bsingapura2bgelar2bkampanye2bnegatif2bhadapi2btax2bamnesty2bindonesia

JAKARTA – Kehadiran Undanga-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak atau tax amnesty menuai polemik. Kehadiran amnesti pajak ini dinilai membalikan sifat pajak yang selama ini memaksa menjadi bersifat kompromis.

Ahli Perpajakan Makmur mengatakan, para wajib pajak yang memiliki harta kekayaan belum terdaftar selama ini dan tidak mentaati aturan perpajakan dengan baik malah diberikan pengampunan. Hal ini tidak sesuai dengan pasal 3a dalam UU Pajak yang secara tegas disebutkan pajak dan pungutan lainnya bersifat memaksa dan diatur Undang-Undang.

“Keberlakukan UU tax amnesty menyebabkan sistem perpajakan secara filosofi yang sifat memaksa jadi sifatnya kompromis (pengampunan). Yang dirugikan adalah masyarakat yang selama ini membayar pajak dengan benar, tapi bagi wajib pajak yang ikuti tax amnesty malah diampuni pajaknya,” ujarnya di Ruang Sidang MK, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Menurut Makmur, perlakuan pajak semestinya dilakukan setara terhadap seluruh masyarakat Indonesia. Namun, dalam penerapannya, amnesti pajak diperlakukan khusus bagi masyarakayat yang selama ini tidak melaporkan harta kekayaannya dengan benar.

“Hak konstitusional pemohon dalam amnesty pajak merasa dirugikan karena dalam pembayaran pajak, amnesty pajak memberikan tarif pajak yang lebih rendah dibandingkan tarif pajak normal,” ujarnya.

Sumber: OKEZONE

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: