Amnesti Pajak Tahap Kedua Sepi Peminat

ff563-logo2bamnesti2bpajak2b-2btax2bamnesty

JAKARTA. Dua pekan berlalu. Namun sampai 11 hari pelaksanaan amnesti pajak tahap kedua, antusiasme masyarakat untuk mengikuti program ini belum terlihat. Pantauan KONTAN di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan, tidak lagi terlihat antrean seperti yang terjadi pada September lalu.

Di Kantor Pusat Ditjen Pajak, hanya nampak 10 orang di depan meja resepsionis. Di lantai dua gedung tersebut, juga sudah tidak terlihat aktivitas pelayanan amnesti pajak baik untuk wajib pajak biasa maupun maupun eksekutif. Di lantai 24 juga hanya terlihat tiga, empat orang yang duduk di meja pegawai pajak.

Di Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan juga sama. Lantai dasar yang pusat aktivitas pelayanan amnesti pajak juga terlihat sepi. Naik ke lantai 4 di gedung yang sama, hanya terlihat beberapa orang.

Direktur Pelayanan, Penyuluhan dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama mengakui di awal periode kedua amnesti pajak, masih sedikit wajib pajak (WP) yang memanfaatkan program ini. Hal itu, menurutnya, karena karakter WP Indonesia suka menunggu dan menyiapkan dokumen di akhir-akhir. Hal itu terlihat pada akhir periode pertama.

Meskipun demikian, Hestu mengklaim, selama 11 hari pelaksanaan amnesti pajak tahap kedua, sudah ada 12.000 WP yang mengikuti program ini. Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan paling banyak adalah pelaku usaha kecil menengah (UKM). “Uang tebusan mencapai Rp 222 miliar,” katanya, Selasa (11/10).

Uang tebusan selama 11 hari amnesti pajak tahap II hanya Rp 222 miliar.

Data monitoring amnesti pajak sampai Selasa (11/10) pukul 18.30 WIB menunjukkan, total tebusan WP badan UMKM selama Oktober 2016 mencapai Rp 9,33 miliar. Sementara tebusan orang pribadi UMKM periode itu sebesar Rp 195,82 miliar. Lalu total tebusan sektor UMKM selama berlangsungnya amnesti pajak sebesar Rp 3,1 triliun.

Sektor UKM, menurut Hestu memang akan menjadi fokus amnesti pajak periode kedua. Untuk itu, pihaknya akan terus bekerja keras meningkatkan animo masyarakat untuk ikut amnesti pajak. Dia yakin masih banyak UKM dan WP besar yang belum mengikuti program ini.

Dirjen Ken Dwijugiasteadi juga yakin peserta amnesti pajak akan kembali naik di akhir periode kedua. Namun dia berharap WP mengikuti di awal periode supaya nyaman. “Biasanya begitu,” katanya. Dia akan bekerja keras agar amnesti pajak bisa maksimal. Sebab dari 20.165.718 WP yang melaporkan SPT, baru 2% yang mengikuti amnesti.

Sumber: KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: