WHO Dorong Kenaikan Pajak Minuman Manis

1132557-minuman-soda-780x390

Dalam rangka Hari Obesitas Sedunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong sejumlah negara untuk meningkatkan pajak minuman manis.

Kenaikan pajak yang diikuti kenaikan harga jual sebesar 20 persen dinilai dapat menurunkan konsumsi minuman mengandung gula tinggi, seperti minuman bersoda, minuman olahraga, bahkan jus buah kemasan.

Cara yang sama, yaitu menaikkan pajak, juga sudah dilakukan di beberapa negara untuk menurunkan konsumsi tembakau. Dengan begitu, kebijakan pajak membantu memerangi obesitas, diabetes, dan kerusakan gigi.

Selain menekan konsumsi gula yang bermanfaat bagi kesehatan, kebijakan kenaikan pajak juga meningkatkan pendapatan lebih bagi pemerintah untuk membayar pelayanan kesehatan.

“Konsumsi gula gratis, termasuk produk-produk seperti minuman manis, merupakan faktor utama dalam peningkatan obesitas dan diabetes secara global,” kata Dr Douglas Bettcher, Kepala Departemen Pencegahan Penyakit Tidak Menular WHO.

Kepala Departemen GIzi dan Kesehatan WHO, Dr Francesco Branca menambahkan, kebijakan pajak merupakan alat penting untuk mengurangi konsumsi minuman manis.

Dalam catatan WHO, prevalensi obesitas di seluruh dunia meningkat lebih dari dua kali lipat tahun 2014 dibandingkan pada 1980 dan 2014. Hampir 40 persen orang di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan.

Orang yang obesitas tak hanya berisiko terkena diabetes, tetapi juga jantung dan stroke. Pencegahan masalah obesitas ini pun harus dilakukan sejak masa kanak-kanak.

Selain itu, WHO merekomendasikan subsidi untuk menurunkan harga buah-buahan segar dan sayuran agar meningkatkan konsumsi makanan sehat tersebut.

Sumber: http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:pemeriksaan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: