Rebutan Dana Pengampunan Pajak

c2236-amnestipajak

Negara bagian di Brasil menuntut pembagian yang lebih besar dari duit hasil program pengampunan pajak Brasil

BRASILIA. Program pengampunan pajak alias tax amnesty di Brasil berbuah pertikaian. Bukan antara wajib pajak dengan pemerintah, namun yang terjadi justru antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (negara bagian) di Brasil. Ini terkait pembagian dana perolehan pengampunan pajak.

Selasa lalu (11/10), jurubicara Majelis Rendah Brasil mengumumkan pembatalan pembatalan rancangan undang-undang (RUU) tentang ketentuan agar pemerintah pusat memberikan pembagian dana hasil pengampunan pajak yang lebih besar kepada negara bagian.

Pemerintah Brasil menolak berbagi lebih banyak dana pengampunan pajak kepada pemerintah daerah dengan alasan dana tersebut akan digunakan untuk menambal defisit anggaran belanja tahun ini yang berjumlah 163,9 miliar real.

Sementara disisi lain, pemerintah di negara bagian menyebut, dana tersebut dapat meringankan beban belanja pegawai publik dan layanan kepada masyarakat. Akibat penolakan pemerintah pusat itu, perseteruan pun tidak bisa dihindari.

Negara-negara bagian di Brasil berencana mengajukan gugatan.

Seperti diberitakan Reuters, Rabu (12/10), Wellington Dias, Gubernur di negara bagian Piaui menyatakan, negara-negara bagian di Brasil akan menggugat pemerintah pusat agar mendapatkan bagian yang lebih besar. “Terserah kepada masing-masing negara bagian apakah akan mengajukan persoalan ini ke pengadilan,” ucap Dias setelah bertemu pejabat Kementerian Keuangan Brasil seperti dikutip Reuters.

Dias berharap, pemerintah pusat mau mengubah sikap dan memberikan bagian yang adil bagi pemerintah daerah. Sejauh ini, pemerintah pusat telah bersedia memberikan setengah dari duit perolehan pengampunan pajak ke negara bagian.

Terkait tuntutan tersebut, Menteri Keuangan Brasil Henrique Meirelles mengatakan, porsi jatah daerah bisa ditingkatkan,jika pendapatan yang diperoleh dari program pengampunan pajak mencapai lebih dari 50 miliar real alias US$ 16 miliar.

Program pengampunan pajak Brasil dimulai sejak akhir tahun 2015 dan akan berakhir 31 Oktober 2016. Namun Pemerintah Brasil memberikan sinyal akan memperpanjang durasi pelaksanaannya hingga 16 November mendatang.

Para pejabat di Brasil optimistis dari hasil program pengampunan pajak itu, Brasil bisa memperoleh 8 miliar real dari denda, dan 50 miliar real dari setoran pajak.

Sumber: KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: