Mendompleng Amnesti Pajak

simas

Jurus Sinar Mas Land merayu konsumen dengan diskon besar

Ekonomi yang tak kunjung pulih membuat pengembangan properti harus berusaha ekstrakeras. Pasalnya, pelemahan ini membuat target bisnis mereka terancam kembali tidak akan tercapai walau sudah memasang target konservatif. Kondisi ini sudah dirasakan sejak dua tahun terakhir.

Untuk mengatasi hal ini pengembang property harus lebih kreatif dan jeli memanfaatkan momentum. Hal inilah yang coba dilakukan oleh manajemen Sinarmas Land. Perusahaan milik taipan Eka Tjipta Widjadja ini memanfaatkan popularitas program pengampunan pajak atau tax amnesty tahap pertama yang berhasil membawa balik (repatriasi) dana sebesar Rp 137 triliun ke Indonesia. Pekan lalu, Sinarmas Land meluncurkan program penjualan Prince Amnesty (pengampunan harga).

Program ini hampir mirip dengan pengampunan pajak pemerintah yang hanya terjadi sekali. Bedanya, jika pemerintah memberikan diskon pajak bagi masyarakat yang mau membawa pulang hartanya ke Indonesia, Sinarmas Land memberikan potongan harga atau diskon bagi pelanggan yang membeli properti.

Program ini berlaku hingga akhir Desember 2016. Program Price Amnesty racikan Sinar Mas Land terbagi dalam dua periode. Periode I, 10 Oktober hingga 15 November 2016 dan II, 16 November hingga 31 Desember 2016.

Pada periode pertama, konsumen yang membeli kaveling tanah dari Sinarmas akan mendapatkan diskon 20% dari harga rumah. Bila membeli apartemen atau rumah tapak (landed house) ada diskon 15%.

Pada periode kedua, diskon yang didapatkan lebih kecil. Pembelian kaveling dapat diskon 15%. Sementara apartemen atau rumah tapak dapat 10%. Sinarmas juga memberikan cash back, voucher belanja bagi konsumen yang membeli properti dengan harga mulai dari Rp 1 miliar. Ada juga hadish utama nan menarik.

Diskon ini bisa didapatkan konsumen yang membeli properti Sinarmas Land, baik secara tunai, tunai bertahap hingga pinjaman bank atau kredit kepemilikan rumah (KPR). Sinarmas juga tidak membatasi konsumen yang ingin membeli. Konsumen individu untuk digunakan sendiri maupun investasi serta korporasi dipersilahkan untuk memilikinya.

Chief Executive Officer (CEO) strategic development & services PT Sinarmas Land Ishak Chandra mengatakan, awalnay diskon besar ini merupakan bentuk apresiasi Sinarmas Land pada nasabah loyalnya dan memberikan nilai tembahan pada mereka agar bisa memiliki properti prooyek Sinarmas Land. Tetapi manajemen kemudian memutuskan memberikan program ini pada semua konsumen.

Program ini hanya sekali saja. Bila terlalu lama, bisa mengganggu margin Sinarmas.

Manajemen juga mengaku program ini demi mengantisipasi bergulir kembalinya investasi masyarakat setelah pajaknya bersih dan masuknya dana segar repatriasi karena pengampunan pajak. “Konsepnya Semakin cepat membeli, semakin besar diskon yang didapat,” ujar Ishak.

Hanya sekali

Nah, Program Price Amnesty ini bisa dinikmati pada beberapa properti yang dimiliki Sinarmas. Ada tiga katagori produk properti Sinar Mas Land yang ditawarkan di program Price Amnesty.

Produk kategori pertama dan kedua  merupakan proyek Sinarmas Land yang telah diluncurkan sejak 2015 ke belakang dan masih ada pasokan yang tersedia. Jumlahnya diperkirakan sekitar 70% dari unit yang ditawarkan dalam program. Produk kategori ketiga mencangkup produk baru atau produk yang akan diluncurkan dan produk kerjasama bersama pengembangan lainnya.

Sinarmas Land menyediakan 4.900 unit kaveling tanah, apartemen dan rumah tapak dalam program ini. Ribuan unit program itu tersebar di berbagai proyek, antara lain BSD City Serpong, The Elements, Kota Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan. Kisaran harga properti yang masuk program ini antara Rp 500 juta sampai Rp 10 miliar.

Ishak menambahkan, program ini memang bertujuan untuk mendongkrak penjualan guna mengejar target yang telah ditetapkan awal tahun. Namun, program ini hanya dilakukan sekali dan tidak akan ada perpanjangan. “Kami ada hitungan sendiri untuk bisa menjalankan program, seperti jangka waktu nya yang pendek. Bila programnya kelamaan waktunya, sudah pasti akan mempengaruhi margin perusahaan,” ujarnya.

Ishak juga tak mau buka-bukaan mengenai target dan kontribusi program Price Amnesty terhadap kinerja perusahaan. “Tolong lihat laporan Bumi Serpong Damai (BSDE) saja,” ujarnya. BSDE merupakan contributor terbesar Sinarmas Land. Tahun ini, lewat PT Bumi Serpong Damai Tbk saja, Sinarmas Land menargetkan pendapatan prapenjualan sekitar Rp 6,89 triliun. Realisasi per semester I mencapai Rp 2,5 triliun.

Sumber: KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: