Tidak Banyak UKM Gunakan Fasilitas Keringanan

56467-calendar-999172_640

SEJUMLAH keringanan administrasi bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk ikut amnesti pajak ternyata belum banyak dimanfaatkan. Keringanan yang dimaksud adalah diperbolehkannya UKM ikut amnesti pajak secara kolektif melalui asosiasi, pelaporan yang bisa dilakukan dengan tulis tangan, dan tidak perlunya menyertakan soft copy untuk persyaratan administrasi. “Fasilitas dengan menggunakan tulis tangan belum ada yang menggunakan sama sekali. Fasilitas tanpa disertai soft copy juga jumlahnya masih sedikit,” kata Direktur Pelayanan, Penyuluhan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, Kamis (10/11).

Menurut Hestu belum banyaknya UKM yang menggunakan fasilitas yang memperbolehkan amnesti pajak kolektif, kemungkinan disebabkan karena antar pelaku UKM saling merahasiakan data pribadi. “Tidak mau rahasianya diketahui oleh seseorang,” katanya. Oleh karena itulah, Ditjen Pajak akan terus melakukan sosialisasi ke sejumlah sentrasentra ekonomi yang melibatkan UKM, seperti pasar dan mall seperti yang dilakukan pada Kamis (10/11) di Pasar Induk Kramat Jati. Ditjen Pajak juga menempatkan para pegawai pajak (fiskus) di tempat aktivitas tersebut. Hestu mengklaim, strategi itu sudah tepat. Sebab dari data yang ada sampai Oktober 2016, sudah ada 39.000 wajib pajak (WP) yang ikut amnesti pajak. “Sebanyak 70% merupakan UKM, jadi sudah tepat,” ujarnya.

Direktur Administrasi dan Keuangan PD Pasar Jaya Ramses Butar Butar bilang, Pasar Induk Kramat Jati merupakan pasar yang sibuk karena memiliki 4.500 tempat usaha, sehingga memiliki potensi yang besar. “Ada beberapa yang sudah ikut amnesti,” katanya. Dia bilang, pihaknya akan mendorong pedagang di Pasar Jaya supaya taat pajak dan mau ikut amnesti pajak.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: