DJP Alihkan Tenaga Account Representative Usai Amnesti Pajak Rampung

pajakampun

Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan mengalihkan tenaga Account Representative sebagai pemeriksa fungsional untuk memeriksa harta maupun aset wajib pajak seusai berakhirnya amnesti pajak.

“Tenaga fungsional pemeriksa akan ditambah dari ‘Account Representative’,” kata Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Direktorat Jenderal Pajak Angin Prayitno Aji di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu 1 Maret 2017.

Angin menjelaskan pengalihan tenaga Account Representative ini untuk membantu kinerja pemeriksa fungsional yang jumlahnya masih terbatas dalam memeriksa harta maupun aset yang belum dilaporkan wajib pajak.

Tindakan ini, kata Angin, dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan upaya penegakkan hukum yang dicanangkan Direktorat Jenderal Pajak seusai berakhirnya amnesti pajak dalam 31 Maret 2017.

“Fungsional pemeriksa ditambah dua kali lipat dari Account Representative. Nanti mereka akan didampingi oleh supervisor. Jadi kalau imbauan tidak ditindaklanjuti, Account Representative bisa lakukan pemeriksaan,” ucapnya.

Saat ini, Angin mengatakan jumlah pemeriksa fungsional baru mencapai kisaran 4.845 orang dan belum memadai dalam mendorong penegakkan hukum terhadap berbagai kasus pelanggaran pajak.

“Dulu tugas Account Representative ini memang mengimbau, nanti datanya disampaikan ke pemeriksa. Ini sungguh menyita waktu teman pemeriksa. Jadi (pengalihan) Account Representative ini untuk menuntaskan imbauan menjadi realisasi,” tegasnya.

Angin memastikan upaya ini dilakukan karena dari jumlah Wajib Pajak terdaftar hanya sebanyak enam persen yang mengikuti amnesti pajak, sehingga diperkirakan banyak harta maupun aset yang belum dilaporkan untuk kepentingan perpajakan.

Berdasarkan pasal 18 UU Pengampunan Pajak, Direktorat Jenderal Pajak berhak melakukan pemeriksaan seusai berakhirnya amnesti pajak terhadap harta atau aset yang belum atau kurang diungkap dan Wajib Pajak bisa dikenakan sanksi administrasi perpajakan.

Saat ini, Account Representative mempunyai tugas pengawasan kepatuhan, melakukan bimbingan maupun konsultasi teknis, penyusunan profil Wajib Pajak, analisis kerja dan rekonsiliasi data Wajib Pajak serta evaluasi hasil banding.

Sumber : Metrotvnews.com, 1 maret 2017

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 

Iklan


Kategori:pemeriksaan pajak, Pengampunan Pajak, Peraturan, Tanpa kategori

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: