Ditjen Pajak berhasil menambahkan data informasi pajak dari 5 negara ini

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak telah memperkaya basis data informasinya melalui Automatic Exchange of Information (AEoI).
Sepanjang 2020, otoritas pajak menambah kerjasama dengan lima negara/yurisdiksi yang akan melaporkan data wajib pajak dalam negeri yang berada di sana.
Direktur Perpajakan Internasional Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) John Hutagaol menyampaikan lima negara/yurisdiksi yang dimaksud antara lain Dominica, Ecuador, Kazakhtsan, Liberia dan Oman. Sehingga, total data AEoI yag sudah dikumpulkan oleh otoritas pajak selama ini sebanyak 103 negara.
Pada dasarnya, kelima negara tersebut merupakan in-bound AEoI yaitu negara/yurisdiksi mitra yang mengirim data rekening nasabah yang ada pada lembaga keuangan di negara/yurisdiksi mereka masing-masing.
Sedangkan, out-bound AEoI atau kegiatan pengiriman data rekening nasabah yang ada pada lembaga keuangan di Indonesia kepada negara/yurisdiksi mitra. Di mana pada tahun 2019 berjumlah 82 negara/yurisdiksi dan sekarang menjadi 85 negara/yurisdiksi.
Pertambahan 3 negara/yurisdiksi yaitu Dominica, Ecuador, and Turkey. Kendati demikian, John belum bisa menyampaikan data apa saja yang sudah dimanfaatkan oleh pihaknya.
“Pengelolaan dan pemanfaatan data AEoI berdasarkan Common Reporting Standard dan UU No. 9 Tahun 2017, serta data AEoI harus dijamin keamanan dan kerahasiannya,” kata John kepada Kontan.co.id, Kamis (4/6).
 

Sumber: Kontan

http://www.pengampunanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: