Ilustrasi Tarif Uang Tebusan

40BAIK dengan repatriasi atau tanpa repatriasi, tarif uang tebusan mempunyai tiga tarif berbeda. Tarif uang tebusan dengan repatriasi terdiri dari 1% untuk periode 3 bulan pertama sejak Undang-Undang Tax Amnesty resmi terbit. Lantas, 3 bulan kedua tarif tarif menjadi 2% dan tiga bulan ketiga menjadi 3%. Sementara tarif uang tebusan tanpa repatriasi, terdiri dari 2% untuk 3 bulan pertama, 3% untuk tiga bulan kedua, dan 6% untuk tiga bulan ketiga sejak UU Tax Amnesty terbit.

Berapa uang tebusan yang dibayarkan akan dihitung dengan cara mengalikan tarif dengan “dasar perhitungan uang tebusan”. Bagaimana perhitungannya? Berikut ini contohnya:

Misalnya, pengajuan surat permohonan pengampunan disampaikan 22 Juni 2016 dengan tarif 4% dengan skema tanpa repatriasi. Nilai harta per tanggal 31 Desember 2015 sebesar Rp 30 miliar dengan nilai utang Rp 6 miliar. Dengan begitu, nilai harta bersih Rp 24 miliar.

Lantas, Surat Pelaporan Tahunan (SPT) Terakhir, yaitu tahun 2014 terdiri dari nilai harta per tanggal 31 Desember 2014 Rp 25 miliar dengan nilai utang  Rp 5 miliar. Jadi, nilai harta bersih dalam SPT 2014 Rp 20 miliar.

Tambahan pada SPT tahun 2015: tambahan nilai harta yang diperoleh pada 2015, yang telah dilaporkan dalam SPT 2015 sebesar Rp 4 miliar. Tambahan nilai utang diperoleh pada 2015, yang telah dilaporkan dalam SPT 2015 sebesar Rp 2 miliar. Maka, tambahan nilai harta bersih diperoleh di 2015 dan telah dilaporkan Rp 2 miliar.

Perhitungan uang tebusan menjadi: (Rp 24 miliar – Rp 20 miliar – Rp 2 miliar) x 4% = Rp 80 juta.

 

Sumber: KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: