Ditjen Pajak Buka Layanan Pelaporan Tax Amnesty di 3 Negara

6TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi akan membuka unit pelayanan pelaporan pengampunan pajak (tax amnesty) di tiga negara lain, yaitu Hong Kong, Singapura, dan London. Kemarin, pemerintah telah menggelar sosialisasi di Singapura. “Unitnya bakal berkantor di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia),” kata Ken di kantornya, Jakarta, Kamis, 30 Juni 2016.
Direktorat Jenderal Pajak menyiapkan sosialisasi pemberlakuan tax amnesty sejak Undang-Undang Pengampunan Pajak disahkan Dewan Perwakilan Rakyat, Senin lalu. Pemerintah menargetkan penerimaan negara dari tebusan para penunggak pajak sebesar Rp 165 triliun. Dana ini dimasukkan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama menjelaskan, tiga negara di atas sengaja dipilih lantaran menyimpan potensi penerimaan pajak yang besar. Selain itu, pemerintah akan memfasilitasi permintaan sosialisasi di luar negara tersebut.

Prosedurnya, para wajib pajak yang berada di luar negeri harus melaporkan asetnya ke kantor pelayanan pajak di KBRI atau di Indonesia. “Pemohon harus datang ke KPP karena ini menyangkut data rahasia jadi harus disampaikan sendiri,” kata Yoga.

Wajib pajak harus menyetorkan surat pernyataan aset kepada kantor pajak. Data aset yang dilaporkan pun harus sesuai dengan data asli. Dalam waktu 10 hari, wajib pajak akan menerima surat keterangan.

Mereka akan memperoleh fasilitas penghapusan pajak terutang yang belum dibayarkan, dilepaskan dari sanksi administrasi dan sanksi pidana. Selanjutnya, wajib pajak wajib menginvestasikan hartanya melalui bank persepsi yang ditunjuk pemerintah paling lambat 31 Maret 2017.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan pemberlakuan tax amnesty besok pagi. Menurut Yoga, Presiden juga akan menggelar sosialisasi di beberapa kota, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, dan Medan.

 

Sumber: tempo.co

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: