Uang Triliunan Masuk Lewat Tax Amnesty, Jokowi: Instrumennya Sudah Siap

6Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para wajib pajak peserta tax amnesty tak khawatir dengan dana yang mereka tarik dari luar negeri (repatriasi). Sebab, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah instrumen investasi untuk menampung aliran dana tersebut.
Instrumen investasi ini sudah dibicarakan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

“Ada surat berharga negara (SBN), ada infrastructure bond, reksa dana penyertaan terbatas, dan lain-lain. Semua disiapkan, obligasi BUMN disiapkan. Jadi mau masuk ke manapun sudah disiapkan instrumennya,” kata Presiden Jokowi dalam pencanangan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Jokowi mengharapkan wajib pajak peserta tax amnesty memanfaatkan fasilitas investasi yang telah disiapkan ini. Selain itu, Jokowi menjamin dana-dana hasil tax amnesty itu akan dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

Dia menjelaskan, untuk pembangunan infrastruktur dalam 5 tahun butuh dana sekitar Rp 4.900 triliun. Di sisi lain, APBN hanya mampu berkontribusi sebesar Rp 1.500 triliun.

Lantas, sisa dananya diperoleh dari mana? Menurut Jokowi, sisanya diharapkan berasal dari investasi dunia usaha.

“Jadi kita harapkan, nanti uang yang ada segera masuk. Untuk pembangunan infrastruktur kita saja butuh Rp 4.900 triliun dalam lima tahun. Itu dari APBN Rp 1.500 triliun. Sisanya dari investasi dunia usaha. Nggak ada yang lain. Baik yang sekarang sudah dimulai dan akan dimulai,” kata Jokowi.

Jokowi menjamin keamanan dana hasil tax amnesty agar tidak terganjal masalah hukum.

“Ini sudah dibicarakan dengan aparat, Kejaksaan Agung, Kapolri, KPK, PPATK supaya semua jelas, semua terang benderang dan gamblang. Bahwa ini hanya untuk pembangunan bangsa dan negara, tidak ada yang lain,” tutur Jokowi.

“Nanti disiapkan sisi keamanan. Ini secara detail memang saya baru minta ke kementerian agar ini disiapkan sehingga peluang ini betul-betul ada dan bisa dimanfaatkan dari uang yang masuk kembali ke negara kita,” pungkas Jokowi.

 

Sumber: detik.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: