Tujuh Bank Nasional Ditunjuk Sebagai Penampung Dana Tax Amnesty

JAKARTA – Menteri Keuangan telah menunjuk bank persepsi untuk menampung uang tebusan dari kebijakan pengampunan pajak alias tax amnesty. Mereka terdiri dari tujuh bank, yakni empat bank BUMN dan tiga bank swasta.

Empat bank pemerintah yang dimaksud yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI),dan Bank Tabungan Negara (BTN). Sementara tiga bank swasta yang ditunjuk adalah Bank Central Asia (BCA), Bank Danamon, dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Khusus untuk Bank Danamon dan BTPN, akan menampung uang –uang tebusan dari peserta tax amnesty sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dalam UU Pengampunan Pajak,  bank persepsi adalah bank umum yang ditunujuk oleh menteri untuk menerima setoran penerimaan negara, setoran uang tebusan dan atau dan yang dialihkan ke dalam wilayah Indonesia dalam rangka pengampunan pajak. Setoran penerimaan negara yang dimaksud tak lain adalah pembayaran uang tebusan tax amnesty.

Direktur BTN Iman Nugroho menyatakan, BTN siap menampung dana yang masuk dari kebijakan tax amnesty hingga senilai Rp 30 triliun. BTN, lanjut Iman, berani memberikan tingkat bunga deposito maksimal sesuai aturan. “Rate-nya bersaing. Kami bisa memberikan 25 basis point lebih tinggi dari Bank Mandiri, BRI, atau BCA,” terang Imam, Senin (11/7).

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja menyatakan siap membantu sosialisasi tax amnesty, termasuk menyiapkan BCA sebagai penampung dana tax amnesty. Dia belum menyebutkan besaran ruang yang disediakan BCA lantaran pemerintah tidak menjatah secara khusus. “Terserah masyarakat mau taruh di mana,” kata Jahja.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sempat menghitung bahwa penerimaan negara dari program tax amnesty bisa mencapai Rp 165 triliun. Sementara besaran dana yang dideklarasi melalui tax amnesty diperkirakan mencapai Rp 4.000 triliun dan besaran dana yang direpatriasi melalui tax amnesty Rp 1.000 triliun.

Penulis: Adinda Ade Mustami

Sumber: Harian Kontan 12 Juli 2016 hal 12

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: