Dana Repatriasi Diprediksi Buat Penyaluran Kredit Kian Besar di 2017

cropped-logoamnesty31.jpg

Bank Indonesia (BI) memprediksi dana repatriasi dari kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty baru akan masuk pada akhir 2016 ini. Masuknya dana ini diharapkan nantinya memberikan dukungan terhadap penguatan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan di Indonesia.

“Kami perkirakan repatriasi baru terjadi di Desember,” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung, dalam diskusi bertajuk ‘Perkembangan Ekonomi Terkini: Tantangan dan Peluang‘, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2016).

Menurutnya dana repatriasi dari kebijakan pengampunan pajak akan memperkuat DPK perbankan Indonesia sehingga nantinya memberikan ruang besar bagi perbankan Tanah Air menyalurkan kreditnya lebih tinggi di masa-masa mendatang.

Saat ini, pertumbuhan DPK terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) terbilang tumbuh relatif stagnan yakni di sekitar 37 persen. Bisa dikatakan level sekarang ini cukup rendah dibandingkan dengan saat krisis Asia di 1997-1998 di mana levelnya di sekitar 38-39 persen.

Juda menambahkan, BI memperkirakan dana repatriasi dari kebijakan pengampunan pajak yang masuk yakni sekitar Rp560 triliun atau setengah dari perkiraan pemerintah yang mencapai Rp1.000 triliun. Tentu harapannya angka Rp560 triliun ini bisa masuk secara utuh ke Tanah Air.

Adapun angka Rp560 triliun merupakan lima persen dari PDB Indonesia saat ini yakni Rp11.000 triliun. Sehingga tambahan lima persen itu diharapkan memberikan peningkatan terhadap pertumbuhan DPK menjadi 42 persen terhadap PDB.

“Ada tambahan lima persen menjadi 42 persen terhadap PDB yang paling tidak ada di atas 1997-1998,” jelas Juda, seraya menambahkan bahwa dampak kebijakan pengampunan pajjak ini baru akan terasa di 2017. Hal itu juga didukung oleh prospek ekonomi di tahun depan yang akan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: METROTV

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Tanpa kategori

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: