Bank Mengejar Dana Amnesti Pajak

Image result for Bank Mengejar Dana Amnesti Pajak kontan

JAKARTA. Perbankan menaruh harapan besar pada program amnesty pajak yang telah digelar sebulan lalu. Kendati perolehan masih jauh dari target, tapi perbankan tetap optimistis bisa menarik dana amnesty pajak dengan mematok target triliun rupiah dari sederet produk andalan.

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk Achmad Baiquni mengatakan, pihaknya telah menampung total dana tax amnesty sebesar Rp 4,7 triliun hingga pertengahan Agustus 2016. “Mayoritas dananya masih dari dalam negeri (deklarasi). Harapan kami dari luar juga ada supaya repatriasi masuk”kata Baiquni.

Sedangkan untuk dana repatriasi, BNI telah menargetkan mampu menyerap potensi dana sebesar Rp 75 triliun. Target ini bakal dikejar BI melalui sejumlah produk perbankan yang diproyeksikan bisa menjaring dana Rp 25 triliun.

BNI juga mengandalkan produk anak usaha seperti BNI Sekuritas dan BNI Asset Manajemen. Dua anak usaha ini ditargetkan bisa merebut dana amnesty pajak sebesra Rp 50 triliun. Direktur Treasury BNI Panji Irawan mengatakan, sejauh ini dana yang masuk terkait tax amnesty terus bertambah dan diperkirakan akan semakin tumbuh sejalan dengan batas waktu dan pemanfaatan besaran tariff tebusan termurah yakni hingga September 2016.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) tak mau kalah. BTN berharap bisa menyerap dana sekitar Rp 5 triliun-Rp 10 triliun. “Kami memprediksi dana akan masuk pada bulan September, Oktober dan November,”ujar Iman Nugroho Soeko, Direktur Keuangan dan Treasuri BTN. BTN sudah mencatatkan realisasi dana dari deklarasitax amnesty sebesar Rp 100 miliar per Agustus 2016.

Siapkan produk

Iman mengatakan, pihaknya berencana meluncurkan produk keuangan seperti Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA SP), Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA), penawaran umum berkelanjutan (PUB) dan negotiable certificate of deposit (NCD).

“Dalam waktu BTN akan meluncurkan EBA-SP Rp 1 triliun sekitar September 2016,”katanya kepada KONTAN, pekan lalu. BTN menilai, EBA-SP akan menjadi daya tarik untuk para wajib pajak maupun para pemegang dana karena EBA-SP adalah produk anyar untuk perbankan di Tanah Air.

Andai pasar menyambut baik produk EBA-SP, bank berpelat merah ini kembali berencana menerbitkan KIK-EBA senilai Rp 1 triliun. Selain itu, BTN juga tengah mengkaji untuk penerbitan PUB sekitar Rp 10 triliun-Rp 15 triliun dan NCD.

Selain produk investasi dalam bentuk surat utang, BTN juga akan menawarkan produk investasi lain seperti DIRE yang bekerjasama dengan PT Danareksa dan penawaran investasi property yang bekerjasama dengan developer.

Panji menuturkan, saat ini BNI Group telah mengeluarkan produk untuk amnesty pajak. Diantaranya berupa NCD, government bonds, corporate bonds, medium term notes (MTN), trustee, custody, dana investasi real estate (DIRE) dan reksadana. “Strategi BNI adalah lewat sosialisasi dan solusi kepada wajib pajak yang potensial,”tambah Panji.

Sebagai satu-satunya bank syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM) menyatakan siap menampung dana amnesty pajak hingga Rp 10 triliun. Group Head of Treasury and International Banking BSM, Rahmat Syukri mengatakan, pihaknya telah selesai melakukan sosialisasi di sejumlah kota besar.

“Sosialisasi dilakukan bekerjasama dengan konsultan pajak, Mandiri Sekuritas, Mandiri Management Investasi dan AXA Mandiri,”kata Rahmat kepada KONTAN, kemarin (24/8). BSM akan menawarkan produk perbankan, asuransi unitlink, saham dan surat berharga hasil kerjasama dengan anak usaha Bank Mandiri. BSM juga menawarkan produk sukuk dan mudharabah muqayadah on balance sheet.

Sumber : Kontan harian

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

 



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: