Pencapaian Tax Amnesty masih jauh dari data harta WP di luar negeri

Ilustrasi Opini - Menyoal Rencana Penerapan Tax Amnesty

Direktur Jendral Pajak, Ken Dwijugeasteadi mengungkapkan pencapaian program Tax Amnesty atau pengampunan pajak periode I masih jauh dari harapan pemerintah. Menurutnya, hasil yang dicapai masih sangat berpotensi untuk ditingkatkan.

Seperti deklarasi luar negeri bisa mencapai Rp 951 triliun dan repatriasi sebesar Rp 137 triliun. “Angka itu masih jauh dari data WNI yang dimiliki harta di luar negeri,” ungkapnya di kantornya,Jakarta, Senin (3/10).

Selain itu, jumlah wajib pajak (WP) yang mendaftar Tax Amnesty masih jauh dari perkiraan. “Peserta amnesti pajak sebanyak 368.000 WP masih sangat kecil dibandingkan dengan jumlah WP yang seharusnya memanfaatkan amnesti pajak,” ujar Ken.

Sementara, lanjutnya, jumlah pembayaran tunggakan pokok pajak dalam amnesti pajak sebesar Rp 3,4 triliun relatif masih kecil dibanding dengan jumlah tunggakan pokok pajak sebesar Rp 50 triliun. Begitu juga dengan jumlah WP UKM di periode pertama sebesar 69.500, masih kecil dibandingkan dengan jumlah yang terdaftar di Ditjen Pajak sebanyak 600.000 WP.

“Masih banyak pengusaha UKM yang belum memiliki NPWP, kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas UKM dan Kementerian KUKM untuk mengimbau para pelaku UKM untuk memanfaatkan amnesti pajak,” jelas dia.

Maka dari itu, Ken berjanji pihaknya akan terus meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan amnesti pajak periode kedua, yang telah dimulai 1 Oktober 2016 dan berakhir 31 Desember 2016.

Sumber: MERDEKA

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: