Ada Tax Amnesty, Ekonomi Indonesia Baru Menggeliat Tahun Depan

10

JAKARTA – Periode pertama program tax amnesty atau pengampunan pajak telah berakhir pada September lalu. Di luar dugaan, dana tebusan tax amnesty pun mencapai lebih 50 persen dari target. Hal ini bahkan berhasil menarik perhatian Bank Dunia.

Namun, dampak dari program pengampunan pajak ini diprediksi tak akan dirasakan sepanjang tahun 2016. Pasalnya, butuh waktu untuk mengalirkan dana ini kepada berbagai instrumen yang telah disediakan oleh pemerintah.

“Tahun ini mungkin belum. Saya rasa paling cepat itu 2017 dampaknya akan dirasakan,” kata Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada.

Saat ini, lanjutnya, wajib pajak masih menimbang instrumen apa saja yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mengalirkan dana tax amnesty ini. Maka, wajar apabila tahun ini belum ada dampak signifikan yang dirasakan oleh pemerintah hingga saat ini.

“Instrumen itu banyak yang disediakan. Jadi mereka tidak serta-merta dapat langsung memilih. Jadi dana ini baru berputar pada tahun 2017,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada periode pertama lalu, Direktorat Jenderal Pajak mencatat bahwa total uang tebusan berdasarkan SPH (Surat Pernyataan Harta) yang mencapai Rp 89,1 triliun. Adapun total tebusan berdasarkan SSP (Surat Setoran Pajak) adalah sebesar Rp97,2 triliun.

Program tax amnesty ini juga berdampak pada tingginya penerimaan negara. Direktorat Jenderal Pajak mencatat realisasi penerimaan pajak hingga akhir September 2016 telah mencapai Rp767,2 triliun. Capaian realisasi penerimaan pajak tersebut juga meningkat sekitar 15 persen jika dibandingkan realisasi penerimaan pajak di periode yang sama di tahun sebelumnya.

Bank Dunia pun meyakini ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,3 persen pada tahun 2017 mendatang. Salah satu pendorongnya adalah adanya pemasukan negara dari program tax amnesty.

Sumber: OKEZONE

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: