Amnesti Pajak Periode II Fokus kepada Dana Repatriasi dan UKM

ec26a-logo2bamnesti2bpajak2b-2btax2bamnesty

JAKARTA, Fokus amnesti pajak periode kedua cenderung untuk mengejar dana repatriasi dengan menyasar perusahaan-perusahaan ketimbang perseorangan seperti periode pertama. Selain itu, pemerintah pun mulai gencar menyosialisasikan program tersebut kepada usaha kecil dan menengah.

“Saya kira fokus periode kedua adalah repatriasi. Perusahaan akan banyak karena kemarin beberapa regulasi belum jelas. Pemerintah juga mulai sosialisasi ke UKM,” kata Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis, Yustinus Prastowo, Jumat 7 Oktober 2016.

Untuk menggenjot dana repatriasi, Yustinus mengimbau pemerintah segera menyelesaikan aturan-aturan teknis yang selama ini menghambat minat wajib pajak.

Dia mencontohkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 127 tentang Special Purpose Vehicle (perusahaan antara) serta beberapa hal teknis terkait dengan gateway dan instrumen investasi.

“Perkuat insentif nontarif karena tarif sudah naik jadi 3 persen, misalnya kebijakan-kebijakan konkret terkait dengan tujuan investasi, proyek-proyek yang akan dikerjakan, tingkat return, jangka waktu proyek, dan lain-lain,” ucapnya.

Menurut dia, insentif nontarif yang bisa dimaksimalkan adalah insentif fiskal, seperti tax allowance. Begitu pula terhadap UKM diintegrasikan ke ekonomi formal sehingga mendapat insentif. Setelah tumbuh, mereka didorong membayar pajak.

“Pemerintah harus mulai dengan insentif, apa yang bisa diberikan kepada mereka sehingga trade off-nya, mereka nanti bayar pajak,” ujar Yustinus.

Dengan demikian, kata dia, pendekatan pemerintah terhadap pelaku UKM harus diubah. UKM pasti tidak mau mengikuti amnesti pajak jika didekati dari sisi pajak karena dianggap beban sehingga selama ini kurang berhasil.

Sumber: PIKIRAN RAKYAT

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: