Ditjen Pajak Mau Jadi Badan Independen, Ini Kata Sri Mulyani

menkeu

JAKARTA, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku akan terus berupaya menjadikan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) sebagai badan selaras dengan tujuan reformasi perpajakan.

Pernyataan perempuan yang kerap disapa Ani itu terlontar saat ditanya wartawan terkait rencana keluarnya Ditjen Pajak dari Kementerian Keuangan dan menjadi badan independen.

Menurut Ani, hal yang paling paling penting dari suatu badan seperti Ditjen Pajak yakni fungsinya.

“Jadi bukan masalah badannya tetapi apakah kelembagaan ini bisa melaksanakan fungsinya secara kredibel, secara bersih dari korupsi dan secara efektif. Itu adalah hal yang paling penting,” ujar Ani di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Ani mengatakan, Kementerian Keuangan akan melihat kinerja dan sejarah terbentuknya Ditjen Pajak terlebih dahulu untuk menyikapi rencana pembuatan aturan badan independen perpajakan.

Menurut dia, hal itu sangat penting dilakukan sebab pembuatan aturan tidak bisa serta merta mengadopsi aturan serupa dari negara lain.

“Di dalam konteks ini lah bisa melihat bagaiman bisa membentuk suatu badan yang kredibel, yang dihormati, yang memiliki reputasi yang baik, bisa mengoreksi kesalahan lama, bisa memperbaiki kelemahan yang ada, tetapi juga bisa menjadi lembaga pemungutan pajak yang dihormati dan disegani oleh masyarakat,” kata Ani.

Sebelumnyanya, pemerintah sudah menggelar rapat terkait rencana pembentukan badan independen pajak pada 2015 lalu.

Bahkan saat itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi, Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil sepakat mengubah status dan nomenklatur Direktorat Jenderal Pajak menjadi Badan Penerimaan Pajak (BPP).

Hanya saja, perubahan status dan nomenklatur Ditjen Pajak dinilai masih membutuhkan proses dan waktu. Belum lagi rencana tesebut harus dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sumber: http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:pemeriksaan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: