Ini Kata Selebgram Anastasia Siantar Soal Wacana Wajib Bayar Pajak

tax all

Jakarta – Selebriti instagram, atau lebih dikenal dengan selebgram kini bisa dikategorikan sebagai sebuah profesi. Para selebgram ini menyediakan akunnya untuk menjadi endorser dari sebuah brand, untuk disosialisasikan kepada para follower-nya.

Profesi ini tidak jarang mendatangkan penghasilan, sehingga kini timbul wacana untuk menjadikan selebgram atau mereka yang terkenal di social media sebagai objek pajak. Baru-baru ini pemerintah lewat Direktorat Jenderal Pajak pun akan menyasar para selebgram yang dinilai sudah layak dikenakan pajak.

Bagaimana tanggapan Anastasia Siantar, fashion blogger sekaligus beauty enthusiast yang juga memiliki hampir 300 ribu pengikut di Instagram? Pemilik akun @anazsiantar ini mengaku kaget.

“Kenapa baru sekarang? Lagipula penghasilan selebgram atau influencer itu nggak tetap. Ada beberapa produk yang mereka posting itu sebenarnya nggak dibayar. Tapi di-posting karena suka dengan produknya. Aku sendiri begitu,” ujar Anaz saat berbincang dengan Wolipop di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2016).

Wacana soal pajak yang akan dikenakan kepada para selebgram ini dinilai Anaz juga belum terlalu jelas penetapannya. Sebab, penghasilan seorang selebgram tidak bisa dipastikan jumlahnya setiap bulan.

“Atas dasar apa? Padahal belum tahu juga penghasilan tetapnya,” kata wanita yang akrab disapa Anaz ini.

Meskipun kaget dengan rencana kebijakan Dirjen Pajak, Anaz menyatakan tak terlalu khawatir. Sebab ia sudah taat membayar pajak sejak sebelum menjadi fashion blogger atau selebgram. Kala itu Anaz melapor sebagai wajib pajak dengan pekerjaan karyawan. Kini setelah menjadi full time blogger, Anaz pun masih membayar pajak setiap tahun.

Wanita lulusan manajemen perhotelan dan pariwisata di Singapura ini pun menyarankan kepada para rekannya sesama selebgram dan influencer untuk membuat NPWP bagi yang belum memilikinya. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan jika kebijakan wajib pajak benar-benar ditetapkan untuk selebgram.

“Saran aku bikin NPWP aja biar lebih aman. Daripada nantinya dicari-cari,” pungkas Anaz.

Sumber: http://www.pemeriksaanpajak.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:pemeriksaan pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: