Terobosan Amnesti Pajak

5eba9-amnesti2bpajak

Jakarta: Selama dua pekan menjelang akhir September tahun ini, masyarakat berbondong-bondong mendatangi pusat informasi amnesti pajak. Antusias wajib pajak tetap tinggi pada hari penutupan program pengampunan pajak periode pertama pada, Jumat 30 September 2016. Kantor-kantor pelayanan pajak tetap ramai hingga tengah malam.

Amnesti pajak menjadi salah satu program fiskal unggulan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Wajib pajak awalnya ragu dengan program pengampunan pajak. Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Rosan Roeslaini menyatakan kekhawatiran yang melanda pengusaha pada umumnya menyangkut hukuman pidana apabila pernah mengemplang pajak. Selain itu, perkara kerahasiaan data.

Apalagi, program serupa yang bahkan sudah dicoba beberapa negara lain belum pernah terbukti sukses besar. Pengusaha yang banyak menyimpan dananya di luar negeri pun banyak masih menimbang-nimbang untung rugi dari program pengampunan pajak ini. Buktinya dapat dilihat dari pencapaian yang masih jauh dari target.

Hingga penghujung bulan Agustus dana repatriasi baru sebesar Rp7,66 triliun dari target Rp1.000 triliun. Dana yang dideklarasi baru mencapai Rp95,2 triliun dari target Rp4.000 triuliun. Sedangkan uang tebusan yang tercatat baru Rp2,5 triliun target Rp165 triliun.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo, mengungkapkan bahwa program amnesti pajak yang dicanangkan pemerintah RI sempat mengalami gangguan. Antara lain, janji manis bank swasta Singapura menutupi biaya deklarasi asalkan dana yang disimpan para pengusaha tak berpindah. Pemerintah memang meningkatkan target penerimaan, fokus mengarah pada kekayaan wajib pajak (WP) di luar negeri. Untuk pelaksana tugas ini, Presiden Joko Widodo juga memanggil pulang salah satu ahli fiskal Indonesia yang bekerja di Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati, untuk membantunya sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja.

Kehadiran Sri Mulyani di kabinet berhasil meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah. Termasuk pengusaha. “Sri Mulyani menciptakan trust (kepercayaan). Itu yang paling penting. Ini bisa membuat pelaksanaan amnesti pajak sukses,” ujar Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo.

Tidak hanya itu, Sri Mulyani pun membungkam manuver bisnis perbankan Singapura. Sri Mulyani menekan balik isu tersebut dengan berkomunikasi ke otoritas lembaga keuangan Singapura. Alhasil, kegandrungan masyarakat dan pengusaha pada terobosan pengampunan pajak membuat program ini populer di penghujung periode pertama. Realisasi melonjak dibanding bulan sebelumnya dan sukses mencatat rekor di dunia.

Sumber : METRO TV NEWS

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: