RAKYAT HARUS MERASAKAN MANFAAT KEBIJAKAN TAX AMNESTY

pajakSalah aspek keberhasilan dari UU dan kebijakan tax amnesty adalah kepastian hukum. Karena itu sinkronisasi juga menjadi hal penting. Misalnya sinkroninsasi dengan UU Perbankan, UU Pajak, PPn, PPh, dan UU Lalu Lintas Devisa serta lain-lain.
Demikian disampaikan anggota Komisi IX dari Fraksi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, usai rapat dengan KPK, Polri dan PPATK di gedung DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu malam (27/4).

Maruarar mengatakan bahwa kebijakan tax amnesty ini bisa bermanfaat bagi negara. Namun juga harus dijelaskan kepada publik secara terbuka, manfaatnya apa dan negara mendapat apa dari kebijakan ini. Pun demikian, kebijakan ini bisa meningkatkan data base wajib pajak.

“Maanfaatnya juga harus berdampak pada sektor pendidikan, kesehatan, infrastuktur, UKM sehingga bisa meningkatkan daya beli masyarakat. Sehingga rakyat merasakan betul manfaat dari UU ini,” ungkap Maruarar.

Maruarar mengakui bahwa RUU ini mengundan pro dan kontra. Karena itu semua aspirasi harus didengar dulu, dan dijelaskan kepada publik secara terbuka. Contoh di India, salah satu faktor kegagalan kebijakan ini adalah faktor sosialisasi. Dalam konteks ini partisipatif publik menjadi penting.

“Bagaimana rakyat mengetahui benar manfaat dari UU ini. Posisi kita adalah mendukung apa yang menjadi UU Tax Amnesty dan juga bagaimana memberikan aspek keadilan bagi negara, rakyat dan rakyat yang mengikuti program ini,” tegas Maruarar.

Hal lain yang tak kalah penting, sambung Maruarar, adalah aspek keadilan. Artinya, para wajib pajak yang selama ini bagus, taat dan patuh harus diberikan insentif. Negara tidak hanya boleh memberikan kesempatan kepada yang tidak taat untuk diberikan tax mmnesty.

“Menurut saya yang taat juga harus diberikan intensif dengan cara misalnya memberikan diskon pada PPh-nya. Saya pikir reward and punishment harus diberikan oleh negara,” demikian Maruarar.

 

Sumber: RMOL.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: