Cara Singapura ‘Jegal’ Tax Amnesty Indonesia

4e552-takut2bbrangkrut2bsingapura2bgelar2bkampanye2bnegatif2bhadapi2btax2bamnesty2bindonesiaJAKARTA – Upaya pemerintah Indonesia untuk menarik kembali dana warga negara Indonesia (WNI) yang ada di luar negeri melalui tax amnesty menimbulkan kekhawatiran bagi pemerintah Singapura. Bahkan pemerintah Negeri Singa Putih itu tengah menyiapkan siasat untuk menggagalkannya.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani mengungkapkan, pemerintah Singapura menawarkan insentif kepada WNI dana di Singapura agar hanya melakukan deklarasi dana dan aset yang dimiliki saja tidak melakukan repatriasi atau membawa pulang dananya ke Indonesia.

“Pada dasarnya itu insentif bahwa bagaimana untuk menarik pengusaha Indonesia supaya dia boleh deklarasi tapi jangan repatriasi. Jadi supaya dananya jangan masuk ke Indonesia tapi deklarasi saja,” terangnya di Gedung BKPM, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Shinta menjelaskan, pemerintah Singapura menawarkan insentif bagi pengusaha Indonesia yang hanya melakukan deklarasi dengan membayarkan pajaknya. Di mana seperti diketahui untuk melakukan deklarasi dikenakan pajak sebesar 4 persen.

“Nah mereka bisa bilang oke deh penaltinya saya yang bayarin, kan bisa begitu. Kalau deklarasi kan sudah diputihkan pajaknya tinggal bagaimana mereka mau pindahin tidak dananya,” imbuhnya.

Menurut Shinta, pemerintah Singapura terlihat terkesan ketakutan dana milik WNI yang ada di Indonesia berpindah. Meskipun pada dasarnya banyak aset yang dimiliki WNI di Singapura tidak bisa dipindahkan.

“Memang awalnya tanpa Singapura pun memang pengusaha banyak yang asetnya tidak bisa dipindahkan seperti pabrik. Memang banyak aset yang ga bisa pindah. Jadi deklarasi itu memang lebih banyak dari pada repatriasi, hanya saja pemerintah Singapura ingin bagaimana agar lebih banyak lagi yang ditahan di Singapura,” tandasnya.

 

Sumber: okezone.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: