Pemda Bersiap Manfaatkan Tax Amnesty

Bisnis.com, TANGERANG—Sejumlah pemerintah daerah meyakini pemberlakuan program pengampunan pajak (tax amnesty) mampu menggenjot aliran dana ke industri riil yang berupa investasi langsung.

Selain menggenjot aliran investasi, keberadaan program insentif pengampunan pajak tersebut juga akan meningkatkan pendapatan pajak pemerintah.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMT) Banten Babar Suharso mengungkapkan pihaknya meyakini aliran dana repatriasi tersebut akan memacu realisasi investasi kawasan, terutama sepanjang semester II/2016.

“Pembenahan selalu kami lakukan misalkan memastikan investor tidak mengalami kendala saat mengurus perizinannya. Dengan adanya standar pengurusan tiga jam dan opsi kemudahan investasi melalui program kemudahan investasi langsung konstruksi ,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (20/7).

Dirinya memperkirakan insentif pengampunan pajak tersebut bakal mendongkrak investasi Banten, khususnya investor dalam negeri. Sebaliknya, untuk investor asing, dirinya mengungkapkan mereka biasanya masih wait and see sehingga dampaknya tidak akan langsung terlihat dalam jangka pendek.

“Momen yang baik ini akan kami manfaatkan dengan baik. Apalagi, pada tahun depan, Banten akan menggelar pilkada sehingga kami mempersiapkan ini tidak mengganggu investasi dan perizinan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga meyakini program tersebut dapat berdampak positif terhadap meningkatnya investasi di kota ini.

Sepanjang tahun lalu, dirinya mencatat jumlah penanaman modal asing (PMA) yang masuk ke Tangsel mencapai Rp788,3 miliar dengan jumlah perusahaan sebanyak 55 unit. Sebaliknya, jumlah penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang memanfaatkan fasilitas BKPM senilai Rp2 miliar, dan jumlah PMDN nonfasilitas Rp53 triliun.

“Program Tax Amnesty ini berpeluang untuk meningkatkan investasi, sekaligus mendongkrak peluang penciptaan tenaga kerja di Tangsel,” ucap Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tangsel Teddy Meiyadi.

Pada kuartal awal tahun ini, Tangsel meraup penanaman modal dalam negeri (PMDN) senilai Rp317 miliar, sedangkan penanaman modal asing (PMA) mencapai US$44,49 juta.

Pemkot Tangsel sendiri membidik kenaikan investasi hingga 15% dengan asumsi pertumbuhan ekonomi Kota Tangsel sebesar 8,4% pada tahun ini.

Penulis: Amanda Kusumawardhani

Sumber: Bisnis.com

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: