Makin Banyak Pengusaha dan Taipan Ikut Amnesti

Hasil gambar untuk pengusaha ikut tax amnestyJAKARTA – Empat hari menjelang batas akhir periode pertama pengampunan pajak, sejumlah taipan dan pengusaha terus berdatangan ke kantor pajak. Mereka datang untuk mengikuti amnesti pajak dengan tarif tebusan 2%.

Pada Senin (26/9), tercatat ada dua wajib pajak besar yang datang ke Kantor Pusat Pajak. Mereka adalah pemilik Sriwijaya Air Chandra Lie dan Hendry Lie. Dua orang bersaudara itu mengaku telah mendaftarkan diri untuk mengikuti amnesti pajak. Selain Chandra Lie dan Hnedry Lie, pemilik Maspion Group, Alim Markus juga dikabarkan segera ikut amnesti pajak di KPP Jawa Timur.

Chandra Lie usai mendaftar di Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan bilang, masih banyak pengusaha besar yang mau mengikuti amnesti pajak. “Banyak yang antusias,” ujarnya, Senin (26/9).

Antusiasme itu tergambar dalam sebuah pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (23/9). Dalam pertemuan yang dihadiri banyak pengusaha besar itu, menurut Chandra, dirinya dimintai pendapat tentang amnesti pajak. “Saya sampaikan kalau pengusaha tidak ikut, akan rugi. Ternyata mereka antusias,” ungkapnya.

Investasi beli pesawat

Chandra bilang, selain deklarasi harta, dia juga akan melakukan repatriasi, baik pribadi maupun perusahaan miliknya. Untuk badan usaha miliknya, rencananya akan dilakukan pada Selasa (27/9) ini. Rencananya uang hasil repatraisi akan diinvestassikan ke dalam perusahaannya sendiri. “Saya akan membeli pesawat, untuk modal kerja lagi,” ungkapnya.

Chandra bilang,  keikutsertaan dalam amnesti pajak juga untuk menepati janji saat bertemu Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan, pada Kamis (22/9) malam. Pada malam itu, Jokowi mengumpulkan taipan di Istana Negara. Salah satu yang datang dalam pendiri Medco Group, Arifin Panigoro. “Tadi saya,ditodong, harus ikut amnesti pajak,” kata Arifin. Dia mengaku akan segera mendaftarkan diri pada Selasa ini.

Selain Arifin, pertemuan itu juga diikuti Franky Welirang, Erwin Aksa, Rosan Roeslani, serta Sugianto Kusuma (Aguan), dan Prajogo Pangestu (Barito Pasific Group). Tampak juga Aburizal Bakrie dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebagai Bos Media Group, juga ada Oesman Sapta Odang.

Sejumlah anggota Kamar dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, rencananya juga akan serentak mendaftarkan harta mereka dalam program pengampunan pajak. Sebelumnya, ada putra mantan presiden RI kedua Soeharto, Hutama Mandala Putra, lalu James Riady dari Lippo Grup, Sofjan Wanandi dari Santini Group, dan dua pengusaha kakak beradik Garibaldi Thohir, pemilik perusahaan tambang Adaro Energi dan Erick Thohir yang merupakan pendiri Mahaka Group. Juga adad Murdaya Widyawimarta Poo pemilik PT Berca Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan I Sakli Anggoro bilang, sudah banyak pengusaha yang mengikuti program ini. Tanpa merinci namanya, dia bilang, mereka adalah 200 orang terkaya di Indonesia. “Mereka ada yang mau dipublikasi, ada juga yang tidak,” katanya.

Sakli juga bilang, pengusaha Peter F Gontha juga sempat menyambangi kantornya untuk berkonsultasi mengenai amnesti pajak. “Tiga hari lagi dia akan datang untuk ikut amnesti,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi juga bilang, sudah banyak wajib pajak besar yang mengikuti amnesti pajak. Namun banyak juga yang belum mengikuti. “Ada yang ikut 2% dan ada juga yang memilih 3%. Beda hanya 1% bagi mereka tidak masalah,” katanya.

Penulis: Hasyim Ashari, Agus Triyono, Asep Munazat Z.

Sumber: Harian Kontan, 27 September 2016

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com



Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: