Amnesti UKM Dipermudah

ampunpajak1

PEMERINTAH memberikan sejumlah kemudahan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengiktui amnesty pajak. Pada periode kedua yang dimulai 1 Oktober 2016 sampai 31 Desember 2016, pelaku bisnis inilah yang jadi focus utama Direktorat Jenderal Pajak.

Direktur Transformasi Proses Bisnis Ditjen Pajak Hantriono Joko Susilo bilang, Ditjen Pajak telah mengeluarkan Peraturan Dirjen Pajak nomor 17/2016. Dalam aturan ini ada beberapa pelonggaran untuk UMKM dalam amnesty pajak. “Perdirjen diberikan untuk wajib pajak (WP) tertentu, yaitu UKM, “ujarnya dalam sosialisasi perdana ke pelaku UKM di Tangerang Selatan, Rabu (05/10). Pertama, penyampaian surat pernyataan harta (SPH) dibolehkan tidak menggunakan soft copy selama pendapatan di bawah Rp 4,8 miliar setahun. Ini hanya untuk jumlah harta dibawah 20 item. “Kalau harta dan utang tambahan di bawah 10 item bisa ditulis tangan, katanya. Kedua, UKM diberikan kesempatan menyampaikan SPH kolektif melalui asosiasi, serikat atau perkumpulan dengan surat kuasa paling lambat 31 Januari 2017. Pelaporan SPH kolektif ini hanya dapat disampaikan di tempat tertantu yang ditunjuk.

Nantinya pegawai pajak diberikan waktu 20 hari untuk melakukan verifikasi dan input data SPH kolektif, setelah itu akan diterbitkan tanda terima dalam jangka waktu 10 hari. Untuk melengkapi dokumen, WP diberikan waktu selama 2 bulan. Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menambahkan, pihaknya akan turun ke pasar-pasar untuk sosialisasi. Dia yakin potensi masih besar sebab baru 66.000 UKM  yang mengikuti amnesty pajak dari total sekitar 57 juta UKM.

Sumber : KONTAN

http://www.pengampunanpajak.com

info@pengampunanpajak.com

Iklan


Kategori:Pengampunan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: